_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Presiden Diharap jadi Jenderal Pangan
Ilustrasi (foto: Istimewa)

Presiden Diharap jadi Jenderal Pangan

JAKARTA, WOL – Anggota Komisi IV DPR, Andi Akmal Pasluddin menilai, road map perwujudan kedaulatan pangan Indonesia belum jelas karena antarlembaga setingkat kementerian masih memiliki ego sektoral sehingga terjadi disharmonisasi.

“Presiden, harus mampu berperan sebagai Jenderal Pangan. Peran dan kekuatan presiden hingga saat ini belum optimal pada perwujudan kedaulatan pangan. Semua sektor, mulai dari lahan, benih, infrastruktur, tata niaga, produksi, logistik dan industri pembangunannya harus tertuju pada kedaulatan pangan. Dan semua ini bila tidak ada campur tangan presiden secara total, maka yang terjadi adalah seperti kejadian-kejadian sebelumnya, yaitu saling kontranya kebijakan-kebijakan antar kementerian,” jelas Politisi FPKS dalam keterangan tertulis.

Andi Akmal mengatakan, bahwa peran pimpinan-pimpinan daerah akan lebih mudah di koordinasikan langsung oleh Presiden RI pada penyediaan lahan pertanian berkelanjutan. Politik pangan yang diperankan presiden, akan mampu mengintegrasikan bukan hanya lembaga pemerintah pusat saja. Presiden secara bersamaan, akan mensinergikan pemerintah pusat dan daerah.

Harmonisasi lembaga pemerintahan di pusat seperti sinerginya kementerian pertanian dengan kementerian perdagangan, kementerian agraria, Bulog, kementerian PU, Kementerian Kelautan Perikanan dan kementerian perindustrian akan mampu dengan cepat dan terarah pada pencapaian kedaulatan pangan.

“Harmonisasi antar kementerian dan lembaga di pemerintah pusat yang bersinergi pada pencapaian kedaulatan pangan, akan dapat segera memperjelas road map perwujudan kedaulatan pangan Indonesia, Ucap Legislator dapil Sulawesi Selatan II ini.(hls/data2)

Check Also

Soal Usul PSI, PDIP: Gaji Tetap Diterima DPR Walaupun Kinerja Dewan Buruk

  JAKARTA – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengaku siap tidak digaji jika kinerja mereka buruk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.