Home / Warta / Politik / Prediksi JK: Pilpres 2019 Bisa Diikuti Tiga Atau Empat Calon
Wakil Presiden Jusuf Kalla (Reni/Okezone)
Wakil Presiden Jusuf Kalla (Reni/Okezone)

Prediksi JK: Pilpres 2019 Bisa Diikuti Tiga Atau Empat Calon

JAKARTA, WOL – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memprediksi, Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 akan diikuti sedikitnya tiga atau empat calon Presiden. JK bercermin pada dua kali Pilpres sebelumnya yang menerapkan syarat presidential threshold (PT) atau ambang batas yang sama dengan Pilpres 2019 yaitu sebesar 20 persen.

“PT kan 20 persen, jadi secara teori artinya setidak tidaknya bisa empat (calon). Bisa empat, mungkin juga tiga. Pengalaman yang lalu kan yang pertama (Pilpres) 2004 empat calon, 2009 tiga,” kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (30/1) malam.

Saat ini, nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto digadang-gadang bakal maju kembali di Pilpres 2019. Pada Pilpres 2014, Prabowo kalah dari Joko Widodo.

Menurut JK, bisa saja Prabowo maju mencalonkan diri sebagai Presiden untuk ke dua kali. Prabowo bisa menggunakan hak politiknya untuk bertarung meraih kursi RI 1. “Pak Prabowo ingin menggunakan hak politiknya tentu sah-sah saja, itu wajar saja,” ujarnya.

Apalagi, lanjut JK, Prabowo memiliki kekuatan karena masih memegang tampuk tertinggi Partai Gerakan Indonesia Raya. “Orang mendirikan partai ujungnya ingin mempunyai kekuasaan jadi kalau pimpinan partai itu tak mempunyai minat untuk kekuasaan berarti bukan pimpinan partai,” ucap JK. (merdeka/ags)

Check Also

Charta Politika merilis survei capres Pemilu 2019 (Badriyanto/Okezone)

Survei Charta Politika: Jokowi 51,2%, Prabowo 23,3% dan Gatot 5,5%

  JAKARTA – Lembaga survei Charta Politika Indonesia mengumumkan hasil jajak pendapatnya terkait konstalasi elektoral ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.