_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Prediksi Calon Kapolri Pengganti Tito Karnavian
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (foto: ist)

Prediksi Calon Kapolri Pengganti Tito Karnavian

agregasi

 

JAKARTA – Jenderal Polisi Tito Karnavian berpeluang besar menjadi menteri di Kabinet Kerja Jilid II setelah dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini. Bahkan, Jokowi telah mengeluarkan surat pemberhentian Tito sebagai Kapolri ke DPR RI. Dalam Rapat Paripurna, DPR menyetujui surat tersebut.

Lalu siapa yang layak mengisi pos Kapolri jika ditinggalkan Tito?

Analis dari Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo, mengatakan, ada tiga figur utama yang berpotensi dipilih Jokowi menjadi Kapolri pengganti Tito. Mereka adalah Kapolda Metro Jaya Gatot Eddy Pramono (angkatan 1988), Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri (angkatan 1989), dan Agus Andrianto.

“Berdasarkan sumber informasi yang dapat dipercaya, tiga Jenderal Polisi tersebut diprediksi akan menjadi Kapolri, yaitu Kapolda Metro Jaya Gatot Eddy Pramono (angkatan 1988), Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri (angkatan 1989), dan Agus Andrianto ( angkatan 1989),” kata Karyono dalam keterangannya, Selasa (22/10/2019).

Karyono menilai untuk regenerasi, Kapolri berikutnya sebaiknya tidak lagi berasal dari angkatan yang sama atau lebih senior dari Tito. Adapun Tito sendiri merupakan lususan Akpol angkatan 1987. Maka, lulusan Akpol yang cocok menggantikan Tito angkatan 1988 atau 1989.

Dari tiga nama yang mencuat, yakni Gatot, Agus, dan Dofiri memang dari segi kepangkatan masih kurang dua bintang untuk bisa menjadi Kapolri. Namun, informasi yang diterima Karyono, kabarnya calon orang nomor satu di Korps Bhayangkara itu akan segera dipromosikan sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) menggantikan Komjen Condro Kirono yang akan pensiun 12 Desember 2019.

Hal itu sama seperti yang dialami Timur Pradopo ketika diangkat menjadi Kapolri di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dari Kapolda Metro Jaya, Timur melejit menjadi Kabaharkam untuk kemudian diangkap sebagai Kapolri.

Karyono sendiri menilai dari tiga nama itu, yang paling memungkinkan adalah Irjen Gatot Eddy Pramono. Ia melihat sebagai figur terbaik melihat dari rekam jejak dan kompetensinya sebagai aparat kepolisian.

“Jenderal Gatot Eddy terbukti berhasil menjaga kondusifitas Jakarta di saat saat genting. Beliau sigap mengambil kebijakan yang tepat dalam menangani setiap gejolak sosial termasuk dalam pengamanan Pemilu dan aksi mahasiswa di gedung DPR/MPR beberapa waktu lalu,” tuturnya.

Prestasi lainnya, Gatot sukses sebagai Kepala Satgas Nusantara yang menangani pengamanan Pemilu Serentak 2019. Ia juga memiliki wawasan geopolitik yang luas dan mengakar di civil society, bahkan dirinya kerap mencermati ceramah Gatot di kampus-kampus sebagai Kasatgas Nusantara, sangat brilian menguasai dinamika politik global dan wawasan kebangsaannya kuat.

“Saya melihat jalan mulus untuk Jenderal Gatot sudah dipersiapkan, jika tidak ada halangan sebentar lagi Wanjakti akan mengusulkan namanya sebagai calon Kapolri,” tuturnya.

Kendati demikian, kata Karyono, bukan berarti tiga jenderal bintang tiga lainnya tak memiliki kualifikasi bagus. Namun, rata-rata akan segera menghadapi masa pensiun, kalau pun ada yang masih lama ketokohannya kurang.

Karyono pun memprediksi kemungkinan terjadinya rotasi di lingkup Perwira Tinggi Polri menyusul Irjen Gatot menjadi Kapolri. Di mana posisi Kapolda Metro akan diisi Irjen Pol Ahmad Dofiri atau Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kadiv Propam Mabes Polri.

Sementara itu, kata Karyono, posisi Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol M Iqbal tepat bila rotasi menjadi Kapolda Jawa Timur. “Beliau cara komunikasinya baik, dipercaya Pak Tito, dan yang terpenting sangat menguasai dinamika Kamtibmas di Jawa Timur,” ujarnya.

适适

M Iqbal sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Kapolrestabes Surabaya (2016) dan Wakapolda Jawa Timur (2018). Sedangkan Wakapolri, selayaknya diisi Komjen Agung Budi Maryoto yang kini menjabat Kabaintelkam. Adapun posisi yang ditinggalkan Agung, tepat bila kemudian diisi oleh Irjen Pol Agus Andrianto, yang sekarang menjadi Kapolda Sumatera Utara.

Check Also

DPR Setuju Komjen Idham Azis Jadi Kapolri

JAKARTA – Komisi III DPR RI menyetujui usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar Komisaris Jenderal ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.