_
Home / Warta / Politik / Pramono: Partai Koalisi Pemerintah Tengah Bahas Posisi Ketua MPR
Sekretaris Kabinet, Pramono (foto: Okezone)

Pramono: Partai Koalisi Pemerintah Tengah Bahas Posisi Ketua MPR

JAKARTA – Seskab Pramono Anung menerangkan bahwa partai koalisi pendukung pemerintah tengah membahas posisi Ketua MPR untuk masa jabatan 2019-2024.

“Siapa yang MPR tentunya, di internal koalisi pemerintah akan ada pembicaraan itu, mengenai siapa yang akan menjadi Ketua MPR, siapa yang akan diajak dalam komposisi itu sekarang dalam tahap pembicaraan itu. Mengenai siapanya belum sampai di sana,” kata Pramono di komplek Istana Negara, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Pramono menerangkan, sistem pemilihan Ketua MPR berbeda dengan sistem pemilihan Ketua DPR lantaran menggunakan partai suara terbanyak di parlemen.

Menurut dia, jabatan Ketua DPR otomatis akan diberikan kepada PDI Perjuangan lantaran merupakan partai pemenang Pemilu.

“Tentunya Ketua MPR ini karena memang cara dan sistem pemilihannya berbeda dengan ketua DPR, kalau Ketua DPR kan otomatis lima terbesar menjadi pimpinan. Bagaimana pengaturan untuk Ketua MPR? ini sangat bergantung dari koalisi sendiri. Kalau Ketua DPR kan hampir dipastikan dari PDI Perjuangan,” paparnya.

Pramono tak menampik Partai Gerindra juga melirik posisi Ketua MPR untuk dijabat oleh kadernya. Meski demikian, kata dia, posisi Ketua MPR juga harus diisi dengan pertimbangan utusan daerah melalui anggota DPD.

“Namanya juga minta kan boleh-boleh aja. Tapi koalisi pemerintahan pasti akan bulat menentukan satu suara, karena suara kita di DPR itu 62 persen. Jadi nanti di MPR kan kemudian mempertimbangkan suara-suara dari utusan daerah pasti ada dalam komposisi itu,” tandasnya.

Check Also

Jokowi Disarankan Pilih Wakil Menteri dari Profesional

JAKARTA – Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengaku akan segera mengumumkan susunan kabinetnya untuk pemerintahan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.