_
Home / Warta / Mancanegara / Prabowo-Sandi Gagal Panen Suara di 5 Negara ini
foto: (CNBC Indonesia)

Prabowo-Sandi Gagal Panen Suara di 5 Negara ini

TOKYO, Waspada.co.id – Hari kedua pasca pencoblosan, pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin kembali dilaporkan memenangkan perolehan suara dalam Pemilu 2019 di berbagai negara.

Berikut catatan kemenangan pasangan Jokowi-Ma’ruf di beberapa negara:

1. Jepang
Pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 3.534 suara sementara Jokowi-Ma’ruf unggul dengan memperoleh 5.955 suara. Penghitungan surat suara dilaksanakan pada Rabu (17/4) di Balai Indonesia, Sekolah Republik Indonesia Tokyo, Meguro, Tokyo.

Selain itu, untuk perolehan suara pemilu legislatif, PKS dan PDIP menjadi peraih suara tertinggi di wilayah kerja Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Tokyo dengan masing-masing suara sebesar 1.869 dan 1.727.

Pemilu Indonesia di Tokyo yang dilaksanakan pada 14 April 2019, mendapatkan antusiasme yang tinggi dari WNI yang terlihat dari antrean panjang calon pemilih sejak pagi sampai malam.

2. Myanmar
Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin juga memenangi perolehan suara pemilu di Myanmar berdasarkan hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) Yangon.

Dalam keterangan pers pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Yangon, Kamis (18/4), pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul dengan total perolehan suara sebanyak 151 suara, sementara pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 51 suara. Selain itu, terdapat tiga surat suara tidak sah.

Sementara itu untuk pemilihan legislatif, Partai debutan, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meraih perolehan tertinggi dengan 58 suara, disusul Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dnegan 38 suara. Sementara itu Partai Golkar dan Gerindra masing-masing 16 dan 12 suara.

3. Kuba
Proses penghitungan suara dalam Pemilu 2019 di luar negeri juga dilakukan di Havana, Kuba. Di sana, duet Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin menang dari pesaingnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menurut keterangan Sekretaris Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Havana, Rendy Bagus Pranantyo, kepada CNNIndonesia.com, Kamis (18/4), penghitungan suara dilakukan di KBRI Havana, pada Rabu (17/4) pukul 09.00 sampai 14.00 waktu setempat.

Hasil penghitungan dari tempat pemungutan suara, Jokowi mendapat 23 suara. Sedangkan Prabowo meraih 11 suara. Jumlah keseluruhan 34 suara, dengan surat suara tidak sah nihil.

Sedangkan melalui kotak suara keliling, Jokowi mendapat 40 suara. Lantas Prabowo mendapat 7 suara. Surat suara tidak sah dua buah.

4. Prancis
Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin, meraih suara terbanyak dalam pemungutan suara Pemilu 2019 di Prancis.

Berdasarkan penghitungan Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Paris, Jokowi-Ma’ruf berhasil memperoleh 85 persen suara, sementara paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, hanya mampu mendapat 15 persen suara.

PPLN Paris mengatakan jumlah tersebut berasal dari hasil pemungutan suara di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan pos wilayah kerja Kedutaan Besar RI di Paris.

Selain di Paris, Jokowi-Ma’aruf juga mendominasi suara di wilayah pemilihan Marseille. Menurut hasil hitung akhir PPLN Marseille, Jokowi-Ma’ruf menang dengan 372 suara (77,6 persen), sementara Prabowo-Sandi dengan 95 suara (19,8 persen). Total suara yang masuk di PPLN tersebut ada 479 termasuk 12 surat suara yang tidak sah.

5. Slovakia
Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Bratislava, Slovakia melakukan penghitungan suara Pemilu 2019. Dalam penghitungan khusus Pilpres ini, pasangan calon nomor 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebagai peraih suara terbanyak dengan jumlah 45 suara atau 78,95 persen.

Sementara pasangan calon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat 12 suara atau 21,05 persen. Pensosbud KBRI Slovakia, Lely Meiliani mengatakan penghitungan suara dilakukan di KBRI Bratislava, dihadiri Dubes RI untuk Slovakia Adiyatwidi Adiwoso bersama seluruh unsur staf/pejabat KBRI Bratislava dan WNI di Slovakia berlangsung secara sederhana, aman, lancar dan tertib.

Dikutip dari Antara, Jumat (19/4), berdasarkan tingkat partisipasi, maka tingkat partisipasi melalui pos 100 persen, sedangkan tingkat partisipasi melalui pemungutan suara di TPS sebesar 95,24 persen. Sehingga total tingkat partisipasi di Slovakia adalah 97,62 persen.

Untuk mengakomodir WNI yang tidak dapat hadir saat penghitungan suara, PPLN melakukan streaming (live) di akun sosmed KBRI Bratislava di Facebook dan Instagram.

Pada saat penutupan penghitungan suara Pemilu 2019, Dubes RI menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh unsur PPLN dan KPPSLN yang telah menyelenggarakan kegiatan Pemilu 2019 dengan aman, tertib dan lancar. (cnn/data2)

Check Also

Situng KPU Catat 12 Juta Rakyat Jateng Pilih Jokowi-Amin

JAWA TENGAH, Waspada.co.id – Sebanyak 62,98 persen suara Pilpres 2019 dari total 813.350 tempat pemungutan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: