_
Home / Warta / Mancanegara / Prabowo Menang di Pakistan, Jokowi Unggul di Iran
Foto: Ilustrasi

Prabowo Menang di Pakistan, Jokowi Unggul di Iran

ISLAMABAD, Waspada.co.id – Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) Islamabad, Pakistan sudah menyelesaikan proses penghitungan suara Pemilu 2019.

Hasilnya pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, menaklukkan duet Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

Dari hasil rekapitulasi, pasangan Prabowo-Sandiaga mendapat suara sebanyak 225 suara atau 72,12 persen. Sedangkan duet Joko Widodo-Ma’ruf Amin memperoleh hasil sebanyak 81 suara atau 25,96 persen. Surat suara Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) yang tidak sah sebanyak 6 suara atau 1,92 persen.

Penghitungan surat suara dilakukan di Aula Budaya Nusantara Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Islamabad pada hari Rabu (17/4) kemarin.

Dalam keterangan pers yang disampaikan oleh Ketua PPLN Islamabad, Muladi Mugheni, Kamis (18/4).

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) Islamabad adalah 263. Sedangkan surat suara yang tercoblos sebanyak 246.

“Artinya tingkat partisipasi WNI sebanyak 93,5 persen. Sedangkan yang menggunakan hak pilih untuk DPT Pos sebanyak 67 orang dari jumlah keseluruhan sebanyak 106 orang. Untuk DPT Pos tingkat partisipasi WNI sebanyak 63,2 persen,” tutur Muladi.

Penghitungan suara dilakukan bersama Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) Islamabad, Amirah Dzatul Himmah.

Sementara, Pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin, merebut mayoritas suara dalam pemilihan umum 2019 yang dihelat di Iran.

“Suara terbanyak pada Paslon 01, yaitu sebanyak 230 (90,9%) sedangkan Paslon 02 mendapat 23 (9,09%) suara,” demikian pernyataan Ketua Panitia Penyelenggara Pemilu Luar Negeri (PPLN) Teheran, Herry Supriyono, Kamis (18/4).

Secara keseluruhan, ada 259 surat suara yang digunakan dalam Pemilu 2019 di Iran, enam di antaranya dinyatakan tidak sah.

Selain presiden, warga negara Indonesia di Teheran juga ikut serta dalam pemilihan anggota Dewan Perwakilan RI.

“Sebagai tahapan selanjutnya, PPLN Teheran akan melakukan Situng dan Rekapitulasi untuk disampaikan ke KPU RI, Bawaslu, dan Pokja PLN, sedangkan fisik surat suara akan disampaikan terlebih dulu di ruang PPLN KBRI Teheran untuk menunggu instruki selanutnya dari Pokja PLN,” kata Herry.

Selain Iran, Jokowi juga menang di tempat pemungutan suara luar negeri lainnya, termasuk Bangkok, Beijing, Moskow, Pyongyang, Madrid, dan Melbourne. (cnn/data2)

Check Also

Pendukung Jokowi Siap Bantu TNI-Polri Saat Pelantikan

JAKARTA, Waspada.co.id – Aksi Kawal Pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin yang digelar oleh Gerakan Peduli Bangsa di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.