_
Home / Warta / Politik / PPP Kubu Romi Setuju Dana Aspirasi Dengan Syarat
Ilustrasi (Ist)

PPP Kubu Romi Setuju Dana Aspirasi Dengan Syarat

JAKARTA, WOL – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kubu Romahurmuziy (Romi) setuju wacana dana aspirasi atau Usulan Program Pembangunan Daerah Pemilihan (UP2DP). Syaratnya, anggota DPR tidak terlibat secara intensif dalam penyaluran dana aspirasi tersebut.

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menilai, dana aspirasi sepenuhnya harus diserahkan kepada Pemerintah Daerah tanpa campur tangan anggota DPR. Hal ini berbeda dengan dana bantuan sosial (Bansos) yang melibatkan anggota DPRD dalam penyalurannya.

“Usul tersebut kemudian dikordinasikan dengan Pemda atau Kementerian/Lembaga terkait sesuai nomenklatur yang menjadi kewenangannya untuk dimasukkan dalam RAPBD atau RKAP. Pelaksanaannya dilakukan oleh mereka, bukan anggota DPR,” kata Arsul kepada wartawan di Jakarta, Rabu (17/6).

Menurut dia, PPP sesungguhnya akan menolak dana aspirasi, jika sistem penyalurannya yang digunakan sama dengan dana bansos. “Saya berkeyakinan bahwa penolakan masyarakat, termasuk LSM, berangkat dari pemahaman bahwa dana aspirasi akan seperti dana bansos itu,” ujar dia.

Namun, ia menegaskan, dana aspirasi berbeda dengan dana bansos. Pasalnya, tidak akan ada campur tangan anggota DPR dalam penyaluran dana aspirasi kepada masyarakat di daerah.

“Pada UP2DP peran anggota DPR hanya mengusulkan proyek pembangunan berdasar proposal yang diajukan oleh masyarakat atau konstituen di daerah pemilihannya,” terang dia. (metrotvnews/data1)

Check Also

Profil Ketua MPR Bambang Soesatyo, Jadi Wartawan hingga Berbisnis

  JAKARTA – Politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo resmi menjadi ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.