Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / PP Bamusi Launching 1000 Sertifikasi Penguji Pengajar al-Quran
foto: istimewa
foto: istimewa

PP Bamusi Launching 1000 Sertifikasi Penguji Pengajar al-Quran

JAKARTA, WOL– Membaca dan memahami serta mengamalkan qur’an adalah salah satu kewajiban bagi umat Islam. Alquran menjadi pedoman hidup dan mengatur semua sendi kehidupan umat Islam. Para pengajar qur’an (guru ngaji) memiliki peran penting melahirkan generasi qur’ani. Para pengajar qur’an melaksanakan pendidikan baca tulis qur’an selama ini di lakukan secara sukarela dan bagian dari ibadah.

Keikhlasan dan peran penting pengajar qur’an selama ini belum mendapatkan perhatian serius dari pemerintah, baik sarana prasarana, peningkatan kualitas diri maupun kelayakan hidup para pengajar qur’an itu sendiri.

Sebagai negara yang mayoritas warganya muslim, Indonesia ketinggalan jauh dalam menempatkan posisi pengajar qur’an jika di bandingkan dengan negara-negara yang selama ini di cap sebagai negara sekuler dan Islam minoritas. Di beberapa negara pengajar qur’an telah menjadi profesi yang di akui oleh negara. Sehingga para pengajar qur’an di negara tersebut memiliki kelayakan upah sesuai dengan standar negara tersebut. Tentu saja, untuk sebagai profesi, pengajar qur’an perlu di tetapkan standar profesinya. Sehingga metodelogi, adab, etika dan proses belajar mengajar qur’an bisa terukur.

Jika demikian, maka standardisasi itulah nantinya yang di jadikan ukuran dalam menetapkan kelayakan upah yang di terima oleh pengajar qur’an. Sehingga, mengajar qur’an tidak lagi menjadi kerja sambilan, tetapi sesuatu yang dikerjakan dengan serius, sebagaimana profesi lainnya.

Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), berupaya mendorong Pemerintah memberikan perhatian serius pada profesi pengajar qur’an. Para pengajar ini memiliki peran penting dalam mewujudkan visi Revolusi Mental dari pemerintahan Jokowidodo-JK.

Guna meningkatkan kompetensi pengajar qur’an, Bamusi bekerja sama dengan pondok pesantren Istana Mulia dan Bazis DKI, akan mengirim para penguji pengajar qur’an mengikuti pelatihan guna mendapatkan sertifikasi sebagai penguji pengajar qur’an. Untuk pertama kali, akan di kirim 30 orang ke Masjid Agung Singapore, karena masjid ini telah diakui oleh Pemerintah Singapore mampu menerbitkan sertifikasi manajemen dan metodelogi pengajar qur’an.

Program ini akan terus bergulir di setiap daerah dengan memberdayakan pengurus daerah Bamusi di setiap provinsi di Indonesia. Program ini juga di harapkan memberikan image yang baik untuk pengajar qur’an, makin di hargai profesinya dan tentu saja semakin menyemarakkan kegemaran belajar qur’an bagi anak bangsa.

Selain itu, melalui Program ini di harapkan para penghafal qur’an semakin tumbuh dan berkembang di negara yang kita cintai. Tentu saja, generasi qur’ani ini bisa memberikan energi positif untuk kemajuan bangsa.

Acara launching di laksanakan di balaikota Jakarta, Kamis (12/10).

Di hadiri oleh:
1. Pemda DKI
2. Kementerian PMK
3. Kementerian Agama
4. Pengurus Pusat Bamusi
5. Bazis DKI
6. Pesantren Istana Mulia Anyer
7. Hafiz/Hafizah qur’an
8. Badan Nasioanal Standar Profesi

Hormat

Mahmuddin Muslim
Ketua panitia

(wol/rls/mrz)

Editor: AGUS UTAMA

Check Also

WOL Photo/Lihavez SA

Gubsu Lantik 17 Satgas Pemberantasan Narkoba

MEDAN, WOL – Gubernur Sumatera Utara, Erry Nuradi, melantik 17 Satuan Tugas (Satgas) Pemberantasan Pencegahan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.