Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Polri, Kominfo dan BSSN Harus Koordinasi Buru Peretas Situs KPU
Laman KPU tidak bisa diakses untuk mencegah peretas. Foto/Laman KPU

Polri, Kominfo dan BSSN Harus Koordinasi Buru Peretas Situs KPU

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengimbau kepada Polri untuk melakukan kordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk memburu pelaku yang diduga ingin meretas atau hack website milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia.

Situs resmi dari KPU infopemilu.kpu.go.id, pasalnya, dicoba diretas oleh orang tak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, lembaga penyelenggara pemilu itu telah menonaktifkan laman resminya.

“KPU telah berkoordinasi dengan Mabes Polri, Kominfo dan BSSN untuk mengatasi hal tersebut,” ujar Komisioner Kompolnas Poengky Indarti kepada Okezone, Jakarta, Sabtu (7/7/2018).

Foto/Okezone

Poengky menekankan, apabila nanti dalam proses penyelidikannya pelaku sudah teridentifikasi maka, harus diserahkan kepada pihak yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu.

“Jika ada dugaan tindak pidana, maka Bawslu atau Panwaslu akan menyerahkan pada Sentra Gakkumdu untuk penanganan lebih lanjut,” tutur dia.

Di sisi lain, Poengky menyayangkan masih ada pihak yang ingin mencoba untuk merusak keamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018.

“Sangat disayangkan pada saat negara kita melaksanakan pesta demokrasi, ternyata masih ada pihak yang menggunakan cara yang tidak terpuji untuk merusaknya dengan berbagai cara, termasuk melakukan politik uang maupun meretas web KPU,” papar dia.

Check Also

KPU: Semua Dana Kampanye termasuk dari Sukarelawan Harus Dilaporkan!

  JAKARTA – Seluruh dana yang digunakan kegiatan kampanye, termasuk para sukarelawan, harus dicatat dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: