Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Polisi: Tembakan di DPR Bukan Berasal dari Sniper
Kadivhumas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto (foto: Harits/Okezone)

Polisi: Tembakan di DPR Bukan Berasal dari Sniper

JAKARTA, Waspada.co.id – Polisi membantah bahwa jika peluru yang menembus ruang kerja dua anggota DPR berasal dari tembakan penembak jitu (sniper). Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto mengatakan jika tembakan tersebut berasal dari sniper maka peluru itu akan mengenai sasaran.

“Kalau sniper, pasti kena ke orangnya,” ujar Setyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (16/10) malam.

Setyo menjelaskan fakta yang didapati polisi sesaat setelah kejadian, adalah adanya kegiatan latihan menembak di Lapangan Tembak Senayan. Analisa polisi, lanjut Setyo, tak ada sniper yang menggunakan peluru kaliber 9 mm.

“Ya sekarang yang kita temukan ada yang latihan. Di sekitar situ yang latihan hanya Perbakin, yang lain nggak ada. Dari mana yang tembak? Dan saya yakin tidak ada yang menyasar, sniper-sniper tidak menggunakan kaliber 9 mili,” kata Setyo.

Setyo juga meyakini tembakan berasal dari bawah berdasarkan analisa sudut kemiringan tembakan. Menurutnya, jika ingin melakukan tembakan terarah dan terukur, maka seorang sniper lebih mudah menembak dari atas.

“Sniper kalau dari lapangan tembak, tembak apa? Kalau sniper pasti pada satu titik. Bahkan dari atas malah lebih, supaya melihat paling tidak sejajar,” kata dia.

Seperti diketahui, peluru masuk ke ruangan anggota Fraksi Partai Gerindra Wenny Warouw di lantai 16 Gedung Nusantara I Kompleks Parlemen dan ke ruangan anggota DPR Fraksi Partai Golkar Bambang Heri di lantai 13, Senin, 15 Oktober siang. Peluru hampir mengenai Wenny dan tamunya serta staf Bambang.

Ketua DPR Bambang Soesatyo bersama Perbakin DKI dan Polda Metro Jaya meluruskan informasi mengenai penembakan di dua ruang anggota DPR itu. Peluru itu disebut berasal dari anggota Perbakin yang tengah menjalani latihan di Lapangan Tembak Senayan dengan jarak 400 meter dari Gedung Nusantara I.

Wenny tak percaya pada penjelasan itu. Anggota Komisi III DPR tersebut meyakini tembakan itu bukan dari anggota Perbakin yang tengah berlatih. (viva/ags/data2)

Check Also

Soal Peluru Nyasar, DPR: Uji Balestik untuk Hilangkan Spekulasi

JAKARTA – Anggota Komisi I DPR RI Aboebakar Alhabsyi masih penasaran dengan kesimpulan polisi yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: