Newsticker
WOL / Warta / Mancanegara / Polisi Tahan Sutradara Film “Kudeta Anti Erdogan”
Ilustrasi (foto: Shutterstock)
Ilustrasi (foto: Shutterstock)

Polisi Tahan Sutradara Film “Kudeta Anti Erdogan”

ISTANBUL, WOL – Polisi Turki menahan sutradara yang membuat film kontroversial yang menunjukkan Presiden Recep Tayyip Erdogan ditodong dengan pistol dalam kudeta berdarah menurut siaran media pemerintah, Kamis (13/7).

Kantor berita pemerintah Anadolu mewartakan sutradara Ali Avci ditahan karena dicurigai berkaitan dengan kelompok yang dituduh Ankara mendalangi kudeta gagal untuk menggulingkan Erdogan tahun lalu.

Film baru Avci yang berjudul “Uyanis” (Kebangkitan) belum tayang di bioskop, namun cuplikan filmnya telah menimbulkan kontroversi pada peringatan satu tahun upaya kudeta gagal 15 Juli, yang menurut Ankara didalangi oleh ulama muslim yang tinggal di Amerika Serikat Fethullah Gulen.

Gulen menyangkal tuduhan tersebut.

Polisi juga menahan satu orang lainnya, yang diidentifikasi sebagai Fetullah Karabiber, yang ditemukan di rumah Avci dan sudah diburu pihak berwenang menurut warta Anadolu.

Trailer film “Uyanis” menampilkan pembunuhan keluarga Erdogan, termasuk istrinya Emine dan anaknya Bilal, di kediaman mereka di Distrik Kisikli, Istanbul, sementara Erdogan ditodong dengan pistol.

Avci juga merupakan produser film “Reis” (Sang Pemimpin), biopik tentang awal kehidupan politik Erdogan yang tayang menjelang referendum kunci April.

Itu merupakan film drama pertama tentang Erdogan dan mendapat perhatian media di dalam dan luar negeri menjelang penayangannya.

Namun film itu mendapat ulasan tidak menyenangkan. Media-media Turki mewartakan bahwa Erdogan tidak menyaksikan film itu. (antara)

Baca Juga

WOL Photo

Dinas Sosial Siap Distribusikan Bantuan Korban Kebakaran

MEDAN, WOL – Kepala Dinas Sosial Kota Medan, Endar Sutan Lubis, mengaku bahwa pihaknya masih ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.