Home / Warta / Mancanegara / Polisi Israel Cukup Bukti Kasus Korupsi Netanyahu
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengutuk aksi pembunuhan Jamal Khashoggi tapi ia juga tak ingin Arab Saudi goncang. (REUTERS/Dan Balilty)

Polisi Israel Cukup Bukti Kasus Korupsi Netanyahu

TEL AVIV, Waspada.co.id – Polisi Israel dua hari lalu mengatakan ada cukup bukti untuk mendakwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu atas kasus korupsi. Menurut pernyataan polisi, mereka menemukan bukti penipuan, penyuapan, dan pelanggaran kepercayaan, demikian seperti dikutip dari CNN, Senin (3/12).

Polisi juga mengatakan ada cukup bukti untuk menuntut istri Netanyahu, Sara Netanyahu, dengan pidana penipuan, menerima suap, dan mengganggu penyelidikan.

Kasus itu adalah salah satu yang terbesar yang dihadapi pemimpin Israel dan lingkaran orang terdekatnya dalamnya. Ini berkaitan dengan hubungan antara Kementerian Komunikasi–di bawah kepemimpinan Netanyahu–dan perusahaan telekomunikasi Israel Bezeq.

Penyelidik mengatakan, Benjamin Netanyahu memberi suap senilai hingga 1 miliar shekel (sekitar USD 280 juta) kepada Shaul Elovitch, pemegang saham pengendali Bezeq, dan teman Netanyahu. Sebagai gantinya, jaksa mengatakan Elovitch memberi Netanyahu liputan berita yang menguntungkan di situs berita online Walla! News, yang dimiliki oleh Elovitch.

Polisi mengatakan ada cukup bukti untuk menuntut Elovitch karena menerima suap, mengganggu penyelidikan, dan kejahatan keuangan. Baik Netanyahu dan Elovitch telah membantah melakukan pelanggaran hukum.

Menanggapi pernyataan polisi, Benjamin Netanyahu mengatakan, “Rekomendasi polisi terhadap saya dan istri saya tidak mengejutkan siapa pun. Rekomendasi ini diputuskan dan dibocorkan sebelum penyelidikan dimulai. Rekomendasi polisi tidak memiliki kedudukan hukum.”

“Tidak akan ada apa-apa karena memang tidak ada apa-apa,” dia menyimpulkan. (liputan6/ags/data1)

Check Also

Irwandi Yusuf Didakwa Terima Suap Rp1 Miliar Dari Bupati Bener Meriah

JAKARTA, Waspada.co.id – Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf didakwa terima suap sejumlah Rp1,050 miliar dari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: