Breaking News
Home / Warta / Mancanegara / PM Israel Kutuk Pembunuhan Khashoggi
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengutuk aksi pembunuhan Jamal Khashoggi tapi ia juga tak ingin Arab Saudi goncang. (REUTERS/Dan Balilty)

PM Israel Kutuk Pembunuhan Khashoggi

TEL AVIV, Waspada.co.id – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk pertama kalinya memberikan komentar soal kasus Jamal Khashoggi. Ia mengutuk keras kasus yang menghilangkan nyawa jurnalis tersebut. Akan tetapi, dirinya mengakui bahwa situasi Arab Saudi yang stabil amat dibutuhkan.

“Apa yang terjadi di konsulat di Istanbul amatlah menghebohkan dan harus ditangani dengan sepatutnya,” kata Netanyahu kepada media dalam kunjungannya ke Bulgaria, Jumat (2/11).

“Namun pada saat yang sama saya mengatakannya, ini sangat penting bagi stabilitas dunia, untuk kawasan dan dunia, bahwa Arab Saudi harus tetap stabil,” lanjutnya.

“Saya pikir bahwa harus ada cara yang ditemukan untuk mencapai kedua tujuan tersebut,” kata Netanyahu.

Khashoggi yang dikenal kerap memberikan kritik pedas pada Kerajaan Arab Saudi dibunuh di dalam gedung Konsulat Arab Saudi di Istanbul ketika akan mengurus administrasi pernikahan dengan tunangannya. Ia dibunuh pada bulan lalu, dan hingga kini tak diketahui keberadaan jasadnya.

Setelah awalnya menolak atas tudingan pembunuhan itu, pejabat Saudi akhirnya mengakui Khashoggi tewas di konsulat tersebut dan menyalahkan “operasi tipuan” dan menangkap 18 orang.

Posisi internasional Riyadh rusak akibat kasus tersebut dan otoritas di Turki telah menegaskan mereka akan tetap menyelidiki kasus itu. Israel dan Arab Saudi tidak memiliki hubungan diplomatis, namun kedua negara itu memiliki hubungan kuat dengan Amerika Serikat. Ketiga negara memiliki musuh yang sama, Iran.

“Masalah lebih besar adalah Iran dan kita harus memastikan bahwa Iran tidak melanjutkan aktivitas yang merusak yang telah dilakukan selama berminggu-minggu di Eropa,” kata Netanyahu.

Israel mengklaim telah berhasil menggagalkan aksi dua teroris di Eropa yang mereka sebut didukung oleh Iran.

“Menghentikan Iran sepenuhnya adalah agenda kami untuk keamanan, bukan hanya untuk Israel, tetapi saya juga percaya untuk Eropa dan dunia juga.” lanjutnya. (cnn)

Check Also

Erdogan Telfon Trump Bahas Sanksi AS

ISTANBUL,Waspada.co.id — Presiden Turki mengatakan Presiden AS telah berjanji untuk mempertimbangkan kemungkinan AS melakukan upaya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: