Breaking News
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / PLN Pembangkitan Sumbagut dan HKTI Sumut Dorong Pemberdayaan Masyarakat Lewat Budidaya Hidroponik
WOL Photo/Ist
WOL Photo/Ist

PLN Pembangkitan Sumbagut dan HKTI Sumut Dorong Pemberdayaan Masyarakat Lewat Budidaya Hidroponik

MEDAN, WOL – PT PLN Pembangkitan Sumbagut mendorong pemberdayaan masyarakat lewat budidaya sayuran hidroponik yang dilaksanakan di Hidrotani Sejahtera Jl Suka Aman Sei Mencirim Sunggal diikuti 50 warga sekitar dari rencana 300 orang dibagi dalam enam angkatan.

Pembina Hidrotani Sejahtera Gus Irawan Pasaribu yang juga ketua HKTI Sumut menerima kedatangan Edward Batubara, Manajer Produksi dan Eddy Irawan, Manager SDM dan Umum PLN Pembangkitan Sumbagut mewakili General Manager PLN Pembangkitan Sumbagut Bambang Iswanto di Hidrotani Sejahtera dalam pelatihan budidaya tanaman hidroponik PT PLN Pembangkitan Sumbagut bekerjasama dengan kelompok usaha Hidrotani Sejehtera, Senin (6/11).

Gus Irawan Pasaribu, yang juga ketua Komisi VII DPR-RI, menjelaskan Hidrotani ini didedikasikan bagi pemberdayaan masyarakat yang dikelola secara terintegrasi mulai dari pelatihan, permodalan sampai pemasaran.

“Hari ini yang kita lakukan adalah pelatihan. Sepenuhnya disupport oleh PLN Pembangkitan Sumbagut. Nanti masyarakat yang ikut akan diberikan starter kit untuk dapat dipraktekkan  di rumah masing-masing. Kami juga menyiapkan modul tanam ukuran 2×6 meter lengkap dengan nutrisi dan bibit. Jika nanti masyarakat kesulitan dalam pengadaan modal bisa dibantu oleh koperasi simpan pinjam Gusman SP atau gerakan usaha mandiri simpan pinjam,” katanya.

Dengan begitu problem modal terselesaikan, pelatihan pun sudah dilaksanakan, nanti ketika masyarakat panen, hasilnya sudah dijamin ditampung oleh Hidrotani Sejahtera. “Semua sudah terintegrasi,” katanya.

Sementara Eddy Irawan mengatakan dukungan mereka terhadap budidaya hidroponik yang dikembangkan Hidrotani Sejehtera karena konsepnya sesuai dengan empowering (pembedayaan) yang juga dilakukan PLN Pembangkitan.

“Pelatihan yang akan kami lakukan ini nantinya akan mencapai 300 orang. Bahkan kalau masih ada tambahan peminat kami bisa memberikan porsi tambahan. Jadi ke depan akan dilakukan bertahap. Masyarakat yang sudah mengikuti pelatihan tahap awal saya kira akan mendapatkan moment dan motivasi bagaimana mereka mengembangkan hidroponik. Setelah itu akan bercerita ke warga lainnya,” kata Gus Irawan.

Dari situ, masyarakat yang lain akan tertarik. Apalagi tadi, kata dia, sudah ditunjukkan hasil panen tanaman hidroponik yang membuat masyarakat tahu apa tujuan mereka ikut pelatihan.”

Check Also

Gus Irawan Pasaribu (tengah) saat memimpin rapat Komisi VII membahas Freeport di gedung DPR RI Jakarta. (WOL Photo/Ist)

Gus Irawan: Kami Minta Penjelasan Pemerintah Soal Negosiasi Freeport

MEDAN, WOL – Pemerintah dengan PT Freeport, kata Komisi VII DPR RI, telah melakukan negosiasi ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.