Breaking News
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Pisah dari Kemenkeu, Ditjen Pajak Diusulkan Jadi Lembaga Semi Otonom
Foto: Lidya Julita Sembiring/Okezone
Foto: Lidya Julita Sembiring/Okezone

Pisah dari Kemenkeu, Ditjen Pajak Diusulkan Jadi Lembaga Semi Otonom

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melakukan rapat dengar pendapat umum (RDPU) bersama pakar perpajakan. Rapat digelar untuk mendengar masukan terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Ketentuan Umum Perpajakan (KUP).

Salah satu poin dalam KUP yang dibahas adalah kelembagaan, di mana Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) akan dipisahkan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Pengamat Perpajakan Darrusalam mengatakan setuju dengan pemisahan ini tapi Ditjen Pajak tidak boleh berdiri sendiri tapi harus ada dewan direksi yang berasal dari berbagai lembaga pemerintah di Indonesia.

“Sudah saatnya DJP dikeluarkan dari Kemenkeu. Sejak 2013 saya dukung ini dipisah, tidak dalam konteks fully independen, tapi semi,” ungkapnya di Ruang Rapat Komisi XI, Jakarta, Kamis (5/10/2017).

Usulan yang dimaksud Darrusalam adalah Ditjen Pajak harus berdiri sebagai lembaga semi. Nantinya, Ditjen Pajak harus memiliki komisioner yang membidangi hal-hal yang berkaitan dengan perpajakan.

“Usulan baru saya, pimpinan lembaga baru itu sifatnya Board of Directors (BoD) seperti Singapura, Hongkong, Malaysia. Di Hongkong ada 5 komisioner, Malaysia ada 7 komisioner, Singapura 9 BOD. Di masing-masing BOD ada perwakilan yang berkaitan dengan pajak,” jelasnya.

“Ada dari private bisa mewakili lawyer, ekonom, perbankan atau akuntan. Ini karena pajak multidisiplin ilmu, maka logis kalau nanti BOD representasikan keilmuan tersebut. Ini untuk memberikan kepercayaan dari WP. Agar perumusan kebijakan itu sudah terwakili,” imbuhnya.

Selain itu, untuk institusi perpajakan nantinya harus sama-sama terbuka. Artinya ke depan segala sesuatu yang menyangkut kebijakan menetapkan subjek, objek, dan tarif pajak harus melibatkan partisipasi wajib pajak.

“Jadi WP tidak dikejutkan kebijakan yang sifatnya jangka pendek atau semata-mata kejar target yang sering tidak tercapai yang biasanya dilakukan 3 bulan hingga 4 bulan terakhir,” tukasnya.

Check Also

Ilustrasi

Pengamat: Sumut Diprediksi Deflasi Bulan November

MEDAN, WOL – Laju tekanan inflasi selama bulan November masih akan terjaga dan bertahan rendah. Jika ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.