Home / Warta / Politik / Pimpinan DPR Tak Setuju E-KTP yang Tercecer di Jalan Langsung Dimusnahkan
Wakil Ketua DPR Agus Hermanto (foto: Okezone)

Pimpinan DPR Tak Setuju E-KTP yang Tercecer di Jalan Langsung Dimusnahkan

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto meminta aparat penegak hukum untuk serius menyelidiki peristiwa sekarung e-KTP yang jatuh dari truk saat melintas di Jalan Raya Salabenda Semplak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Keseriusan ini diperlukan mengingat efek yang timbul akibat peristiwa tersebut sangatlah berbahaya, terutama soal banyaknya kecurigaan di masyarakat.

“Aparat penegak hukum harus betul-betul concern untuk melihat dengan jelas bahwa kenapa sampai ada e-KTP ini,” jelas Agus di Gedung DPR-MPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (28/5/2018).

E-KTP jatuh tercecer di jalanan Bogor. (Foto: Ist)

Ia menambahkan, kecurigaan-kecurigaan di masyarakat muncul lantaran peristiwa ini berdekatan dengan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilihan Umum 2019.

“Ini kan bisa dalam artian menggungcangkan daripada permasalahan-permasalahan yang ada. Sehingga, ini harus betul-betul dirunut, diselidiki, tentunya harus apa adanya, dan tentunya semuanya kita mengawasi supaya aparat penegak hukum bekerja tanpa tebang pilih, transparan, dan tentunya akuntabel,” tutur Agus Hermanto.

Politikus Partai Demokrat itu tidak setuju bila e-KTP yang terjatuh dan tercecer tersebut langsung dimusnahkan karena dianggap telah rusak oleh Direktorat Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri.

Menurut Agus, sebelum dimusnahkan, e-KTP yang berasal dari Sumatera Selatan tersebut harus diteliti terlebih dulu keaslian dan asal muasalnya.

“Untuk itu tentunya kalau ada yang menyampaikan supaya ini dimusnahkam, menurut saya, kurang bijaksana, sehingga ini harus diteliti secara runut betul-betul, diteliti asal muasalnya, bahkan tujuan dan seluruhnya,” ucap Agus.

“Untuk itu saat ini kita tidak bisa menjustifikasi ataupun e-KTP rusak ataupun e-KTP apa. Kan bisa saja dicek ada namanya ada alamatnya, dicari orangnya, dicari semuanya, bisa di-trace dari satu per satu, sehingga dihasilkan hasil yang akurat,” tandasnya.

Check Also

Abdullah Puteh Calonkan Diri Sebagai Anggota DPD RI

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Mantan Gubernur Aceh Abdullah Puteh menyerahkan berkas pencalonan dirinya sebagai calon ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: