Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Pil PCC, Obat Sakit Jantung yang Bisa Bikin Kejang-Kejang Jika Dikonsumsi Sembarangan
Ilustrasi
Ilustrasi

Pil PCC, Obat Sakit Jantung yang Bisa Bikin Kejang-Kejang Jika Dikonsumsi Sembarangan

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Arman Depari mengatakan, apabila seseorang mengkonsumsi obat berjenis PCC, maka bakal mengalami efek kejang-kejang, mual dan seluruh anggota badan akan terasa sakit.

Ia menuturkan, kandungan yang terdapat dalam obat itu sangat keras sehingga tidak bisa dijual bebas. Kata dia, fungsi utama obat tersebut untuk memulihkan seseorang yang menderita penyakit jantung.

“Sekarang ini efeknya kejang-kejang, mual dan seluruh badan terasa sakit tetapi fungsi sebenernya adalah untuk menghilangkan rasa sakit disamping itu untuk obat jantung,” kata Arman di Kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (14/9/2017).

Menurutnya, obat-obatan itu tak dapat dijual bebas tanpa seizin dokter dan adanya resep dokter. Oleh sebab itu, pihaknya tengah menyelidiki asal muasal sumber obat tersebut.

“Nah kalo dilihat kegunaannya ini tentu bisa kita simpulkan kalo ini obat keras, obat yang tidak boleh bebas beredar,” imbuhnya.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya sedang melakukan kordinasi dengan badan pengawasaan obat dan makanan (BPOM). Hal itu untuk mengetahui seberapa bahayanya kandungan yang berada di dalam obat tersebut.

“Ini menjadi perhatian kita karena korbanya anak anak dibawah umur,” tandasnya.

Sekedar informasi, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara pada Rabu 13 September 2017 digemparkan dengan adanya peristiwa 53 orang dari tingkat SD hingga SMP yang mengalami kejang-kejanh setelah mengkonsumsi obat jenis PCC.

Bahkan, satu dari bocah di bawah umur itu harus tutup usia akibat tak mampu menahan kerasnya kandungan obat tersebut.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.