Breaking News
Home / Warta / Mancanegara / Pidato Wapres di Markas PBB: Indonesia Komit Perjuangkan Perdamaian
foto: (VoA)

Pidato Wapres di Markas PBB: Indonesia Komit Perjuangkan Perdamaian

NEW YORK, Waspada.co.id – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla hari Senin (24/9) menghadiri KTT Perdamaian Nelson Mandela di markas besar PBB New York.

Dalam pidatonya, Kalla memuji mantan presiden Afrika Selatan itu karena telah mengajarkan nilai-nilai keadilan dan rekonsiliasi. Mendiang Mandela dikenal sebagai tokoh perjuangan anti-apartheid di Afrika Selatan.

Menurut JK, nilai-nilai tersebut tidak hanya berlaku di Afrika Selatan, tapi juga di Indonesia. Dia menyebut provinsi Aceh sebagai contoh di mana rekonsiliasi berjalan dengan baik. Menurutnya, perdamaian di Aceh memungkinkan pembangunan ekonomi berjalan dan bekas pemberontak kini memegang jabatan penting pemerintahan.

JK juga menyebut hubungan Indonesia dengan Timor Leste sekarang ini sebagai model hubungan pasca konflik yang berdasarkan pada nilai-nilai keadilan dan rekonsiliasi.

Dalam pidatonya di hadapan para pemimpin dunia, Kalla menekankan bahwa Indonesia berkomitmen untuk memperjuangkan perdamaian, yang termasuk pencegahan, menghindari konflik berulang, dan membina perdamaian pasca konflik.

KTT Perdamaian Nelson Mandela mengadopsi sebuah deklarasi politik yang disetujui oleh negara-negara anggota. (okz/data2)

Check Also

Aung San Suu Kyi ‘Terkucil’ Selama KTT ASEAN

SINGAPURA, Waspada.co.id – Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi mendapat hujan kritik selama menghadiri KTT ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: