Home / Warta / Mancanegara / Pidato Wapres AS Akan Kecam China Bocor, Tensi Hubungan China-AS Meningkat
foto: Wakil Presiden AS Mike Pence (Andrew Harnik/POOL Via REUTERS)

Pidato Wapres AS Akan Kecam China Bocor, Tensi Hubungan China-AS Meningkat

WASHINGTON,Waspada.co.id – Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence dijadwalkan akan menyampaikan pidato di Hudson Institute di Washington. Namun, pidato yang rencananya akan dibacakan pukul 11.00 waktu setempat itu bocor.

Dalam kutipan pidato yang dilihat oleh Reuters, Pence akan memusatkan perhatian pada insiden dengan China di Laut China Selatan pekan lalu. Sehingga, pidato tersebut diperkirakan akan meningkatkan ketegangan hubungan kedua negara.

Pence menegaskan bahwa AS tak gentar dengan intimidasi China di Laut China Selatan. Ia pun akan memberi China peringatan keras dan AS mengecam setiap kebijakan China di berbagai belahan dunia.

Insiden Laut China Selatan bermula ketika kapal perang AS USS Decatur tengah berlayar dengan jarak 12 mil laut dari Gaven dan Johnson Reefs di Kepulauan Spratly. Jarak tersebut dianggap sebagai wilayah perairan internasional.

Namun, angkatan laut China mendekat dengan jarak 45 meter dan memaksa kapal AS bermanuver untuk menghindari tabrakan. Pence menganggap kejadian ini sebagai sebuah pelecehan.

“Meskipun pelecehan nekat itu dilakukan, Angkatan Laut Amerika Serikat akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di wilayah yang diizinkan hukum internasional dan sesuai dengan kepentingan nasional kami. Kami tidak akan diintimidasi. Kami tidak akan mundur,” kata Pence.

Operasi di kawasan Laut China Selatan itu adalah cara AS melawan upaya Beijing untuk membatasi kebebasan berlayar di perairan strategis itu. Sebab, perairan itu jadi tempat operasi China, Jepang, dan beberapa angkatan laut Asia Tenggara lainnya.

Kementerian Pertahanan China mengatakan sebuah kapal angkatan laut China telah dikirim untuk memperingatkan kapal AS untuk meninggalkan perairan itu. Ia juga menegaskan bahwa Beijing memiliki kedaulatan absolut atas pulau-pulau di Laut China Selatan dan perairan di sekitar mereka.

Pence juga akan menuduh kalau Partai Komunis China telah meyakinkan tiga negara Amerika Latin untuk mengakui China dan memutuskan hubungan dengan Taiwan. Selama ini China enggan mengakui Taiwan sebagai negara berdaulat.

“Tindakan ini mengancam stabilitas Selat Taiwan,” kata Pence.

Amerika Serikat dan China terlibat dalam perang dagang, dipicu oleh tuduhan Trump bahwa China telah lama berupaya mencuri kekayaan intelektual AS. AS juga menuduh China membatasi akses internasional untuk masuk ke pasarnya. China juga dianggap tidak adil karena memberikan subsidi kepada perusahaan milik negara.

Akibat perang dagang ini, kedua negara memberlakukan tarif impor yang semakin berat antara satu sama lain.

Pence akan mengatakan China menggunakan “diplomasi utang” untuk memperluas pengaruhnya di seluruh dunia.

“Hari ini, negara itu menawarkan ratusan miliar dolar dalam pinjaman infrastruktur kepada pemerintah dari Asia ke Afrika ke Eropa bahkan ke Amerika Latin. Namun persyaratan pinjaman tersebut tidak jelas, dan manfaatnya mengalir ke Beijing,” ia akan mengatakan.

Sebagai contoh ia menuduh Beijing memberi dukungan untuk “rezim Maduro yang korup dan tidak kompeten di Venezuela,” dengan menjanjikan pinjaman US$5 miliar (Rp75,9 triliun) yang dapat dibayar dengan minyak.

Pence juga akan berpendapat bahwa para pejabat China mencoba mempengaruhi para pebisnis AS. Mereka ingin agar para pebisnis mengecam tindakan perdagangan AS dengan, “memanfaatkan keinginan mereka untuk mempertahankan operasi mereka di China.”(voa/data1)

Check Also

Habiskan Dana Rp193 Triliun, Pasukan Antariksa AS Segera Dibentuk

WASHINGTON,Waspada.co.id – Pasukan Luar Angkasa baru Amerika Serikat (AS) akan segera mulai dibentuk setidaknya pada tahap ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: