Home / Warta / Mancanegara / Pesan Trump Sebelum Demo Nasionalis Kulit Putih
foto: ABC News

Pesan Trump Sebelum Demo Nasionalis Kulit Putih

Waspada.co.id – Sewaktu para pejabat di ibukota Washington DC dan Virginia bersiap menghadapi peringatan satu tahun demonstrasi nasionalis kulit putih yang pada 2017 berakhir menjadi aksi kekerasan, Presiden Amerika Donald Trump hari Sabtu (11/8) menyerukan persatuan.

“Sebagai bangsa, kita harus bersatu,” cuit Trump di Twitter dari klub golf-nya di New Jersey. “Saya mengutuk segala bentuk rasisme dan tindakan kekerasan. Damai bagi SELURUH warga Amerika!”

Trump menambahkan bahwa ia “telah” memperbaiki kehidupan warga minoritas dan bertekad “saya tidak akan berhenti berjuang bagi SELURUH warga Amerika!”

Tanggapan Presiden Trump terhadap demonstrasi tahun lalu di Charlottesville, Virginia, memicu kecaman keras ketika dalam konferensi pers di Trump Tower ia mengatakan “ada orang baik di kedua pihak (yang berdemonstrasi).”

Sabtu malam putri Trump, Ivanka, melakukan apa yang tidak dilakukan ayahnya. Lewat Twitter, Ivanka mengecam kelompok supremasi kulit putih dan neo-Nazi. “Meskipun warga Amerika diberkati untuk hidup di negara yang melindungi kebebasan, kebebasan berbicara dan keragaman pendapat, tidak ada tempat bagi supremasi kulit putih, rasisme dan neo-nazisme di negara kita yang besar ini.”

Demonstran Dilarang Membawa Senjata Api
Walikota Washington DC Muriel Bowser hari Kamis (9/8) mengatakan ia telah menandatangani perintah untuk meningkatkan operasi darurat menjelang demonstrasi yang dijadwalkan akan berlangsung hari Minggu di Lafayette Park, sebuah taman di seberang jalan di dekat Gedung Putih. Demonstrasi anti-supremasi kulit putih juga diijinkan berkumpul di taman dan lokasi-lokasi lain di dekatnya.

“Ini berarti saya mengoperasikan seluruh sumber daya yang ada untuk memastikan terselenggaranya acara-acara itu secara aman,” ujar Bowser dalam konferensi pers yang dilangsungkan di sebuah sinagog di Washington DC.

Kepala Kepolisian Washington DC Peter Newsham mengatakan senjata api dilarang dalam demonstrasi-demonstrasi itu, meskipun pemilik senjata api memiliki ijin resmi. (wol, okz/data1)

Check Also

Trump Stop Bantuan Rp370 Miliar untuk RS Palestina

WASHINGTON,Waspada.co.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memerintahkan bantuan USD25 juta (Rp370 miliar) yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: