_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Pertamina Disarankan Gandeng PGN Kembangkan Jargas
WOL Photo

Pertamina Disarankan Gandeng PGN Kembangkan Jargas

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu mendesak Pertamina MOR-1 mengembangkan jaringan gas di Sumatera Utara karena kondisi sambungannya masih sedikit.

“Ini saya kira merupakan salah satu yang paling sedikit datanya. Coba kita lihat sambungan di Deliserdang dan Medan saat ini baru ada 30.000 sambungan. Sementara jumlah penduduk Medan dan Deliserdang saja ada 4 juta keluarga,” jelasnya saat dihubungi wartawan, beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan jumlah sambungan itu masih terlalu kecil. Padahal sebenarnya sudah dialokasikan dana untuk sambungan jargas rumah tangga melalui APBN. “Tapi faktanya masih minim sekali yang tersambung. Kita minta Pertamina bekerja lebih keras lagi untuk mewujudkan jargas di Sumut dengan target lebih banyak,” katanya.

Gus Irawan Pasaribu menyarankan agar Permina menggandeng PGN untuk mendorong percepatan sambungan jargas tersebut. Bahkan jika diperlukan swasta juga bisa diajak untuk pengembangannya, kata dia.

Menurutnya, sambungan yang 30.000 tadi jika dibedah maka sebanyak 20.000 bagian dari PGN kemudian yang 10.000 dari APBN. “Jadi dua-dua kita dorong untuk bekerja maksimal. Siapa pun yang ingin mendorong percepatan jargas ini harus mendapat dukungan,” tuturnya.

Dalam pertemuan dengan Pertamina memang terungkap salah satu kendala pembangunan jargas itu adalah kesulitan keuangan. Komisi VII menyatakan akan coba mengkomunikasikan hal tersebut kepada Kementerian Keuangan untuk dicari solusi mengatasinya. (wol/min/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

Komisi VII Ingatkan Industri Semen Indonesia Tingkatkan Proper

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi VII mengingatkan kepada seluruh industry semen di dalam negeri untuk meningkatkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.