Home / Warta / Mancanegara / Pertama Kali, Transgender Maju ke Pilgub Amerika
Christine Hallquist, terpilih menjadi calon gubernur Partai Demokrat untuk bertarung dalam pemilihan Gubernur Vermont, Amerika Serikat. (REUTERS/Caleb Kenna)

Pertama Kali, Transgender Maju ke Pilgub Amerika

VERMONT, Waspada.co.id – Christine Hallquist, terpilih sebagai calon Gubernur Vermont, Amerika Serikat, dari Partai Demokrat, Selasa, 14 Agustus 2018 waktu setempat. Keputusan ini membuat Hallquist mencatatkan diri sebagai transgender pertama di Amerika Serikat yang maju ke pemilihan gubernur dari Partai Demokrat.

Hallquist berhasil mengalahkan veteran Angkatan Laut AS sekaligus aktivis lingkungan James Ehlers, pebisnis Brenda Siegel, dan Ethan Sonneborn, bocah 14 tahun dalam pemilihan kandidat partai itu. Ia akan menghadapi Gubernur petahanan Vermont, Phil Scott, yang berasal dari Partai Republik. Pemilihan gubernur Vermont akan dilakukan pada 6 November 2018.

Baca: Remaja 14 Tahun Calonkan Diri Jadi Gubernur AS

“Saya rasa Vermont adalah ujung tombak harapan bagi seluruh masyarakat Amerika Serikat. Ini apa yang saya sebut memperluas arah moral,” kata Hallquist, seperti di kutip dari Reuters, Rabu, 15 Agustus 2018.
Kemenangan Hallquist sebagai calon Gubernur Vermont terjadi di tengah-tengah ketidakpastian hak-hak transgender. Di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump, kalangan transgender hanya berada diposisi cadangan, berbeda dengan pemerintahan Mantan Presiden Barack Obama.

Kalangan transgender Amerika Serikat pada 2017 berharap bisa membuat terobosan ketika memenangkan setidaknya 10 posisi di pemerintahan pada berbagai level, mulai dari tingkat legislator hingga menjadi anggota dewan tata kota.

Pada 2018 total ada sekitar 43 kandidat dari kalangan transgender Amerika Serikat yang maju dalam pemilu untuk memperebutkan berbagai posisi di pemerintahan. Sebagian besar dari mereka maju dari Partai Demokrat dan beberapa dari jalur independen, Partai Hijau atau nonpartisan.

Hallquist terlahir sebagai seorang laki-laki yang mengubah identitas menjadi perempuan. Saat ini, dia tercatat sebagai transgender pertama yang memenangkan suara mayoritas partai untuk maju sebagai calon gubernur. (wol/tempo/data2)

Check Also

AS Potong Lagi Bantuan Bagi Palestina di Gaza dan Tepi Barat

WASHINGTON, Waspada.co.id – AS kembali memotong bantuan bagi Palestina yang digunakan untuk program-program mendukung upaya mengakhiri ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: