Home / Warta / Politik / Perpres 20/2018 Perjelas Mekanisme Masuknya Tenaga Kerja Asing
foto: Okezone

Perpres 20/2018 Perjelas Mekanisme Masuknya Tenaga Kerja Asing

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden, Roy Abimanyu mengatakan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 bertujuan memperjelas mekanisme masuknya tenaga kerja asing (TKA).

Menurut Roy, Perpres ini diterbitkan Presiden Joko Widodo untuk mempermudah proses administrasi dan birokrasi bagi TKA untuk bekerja di Indonesia, bukan semata untuk memudahkan masuknya TKA.

“Ada yang beda Perpres 20 memang judulnya tenaga asing semangatnya sebenarnya ada dua. Pertama betul bahwa kita bukan untuk memudahkan, tapi memperjelas mekanisme pekerja tenaga asing,” kata Roy, dalam diskusi Polemik MNC Trijaya bertema ‘May Day, TKA, dan Investasi’, di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (28/4/2018).

Roy mengatakan kegunaan Perpres ini sejatinya juga untuk melindungi dan mempromosikan tenaga kerja lokal yang bekerja dalam perusahaan asing. Menurut Roy, selama ini tenaga kerja lokal kesulitan untuk masuk ke perusahaan asing yang ada di Indonesia.

(Diskusi Polemik Trijaya FM dengan tema May Day, TKA, dan Investasi di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (28/4/2018). Foto: Bayu Septianto/Okezone)

Dalam Perpres ini, menurut Roy terdapat beberapa pasal yang mengatur tentang pekerja asing yang memiliki skill dibolehkan masuk ke Indonesia, tetapi tetap harus menyertakan tenaga kerja dalam negeri sebagai pendamping.

“Di kalangan organisasi UN (United Nation), dengan gaji tinggi, kesempatan tenaga kerja Indonesia dikit. Dengan adanya Perpres ini diwajibkan, jika tidak bisa dalam keahlian tersebut disediakan tenaga kerja dalam negeri, disediakan TKA. Dengan syarat bahwa disediakan tenaga kerja pendamping,” papar Roy.

Check Also

ORI: Upah TKA Asal Tiongkok Lebih Besar Dari Pekerja Lokal

JAKARTA, Waspada.co.id – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) menggelar investigasi terkait dugaan banyaknya Tenaga Kerja Asing ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: