_
Home / Warta / Politik / Perjalanan Mulus Anak Buah Menteri Luhut Jadi Kepala BNN
Kepala BNN, Heru Winarko (foto: Laily Rachev/Biro Pers Setpres)

Perjalanan Mulus Anak Buah Menteri Luhut Jadi Kepala BNN

agregasi
agregasi

 

Irjen Heru Winarko resmi menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) usai dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat siang tadi. Nama Heru Winarko sudah tak asing di Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Heru pernah menjabat Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Menkopolhukam di era kepemimpinan Menko Luhut Binsar Pandjaitan.

Jokowi lebih memilih Heru Winarko dibandingkan dengan Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto, dan Deputi Pemberatasan BNN Irjen Arman Depari. Orang nomor satu di Indonesia itu ingin mantan Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu mampu mencegah masuknya peredaran narkoba dari luar negeri. Sehingga, dapat menurunkan angka pengguna narkoba di Indonesia.

“Yang jelas semakin sedikit barang-barang yang masuk, narkoba yang masuk, kemudian juga bisa menurunkan sebanyak-banyaknya pengguna narkoba,” kata Jokowi.

Sementara itu, menjabat sebagai Kepala BNN, Heru Winarko akan memprioritaskan pemberantasan narkoba di wilayah regional yang mencakup Indonesia dan negara tetangga terdekat.

“Saya akan coba pertama di regional bahwa narkoba ini musuh kita bersama. Jadi bukan mereka-mereka, atau kita-kita, tidak. Kita sama-sama mengharapkan juga negara-negara tetangga kita, regional kita di sini bisa bersama-sama,” kata Heru.

Ia pun mengaku tak asing dengan bidang narkoba lantaran telah puluhan tahun berkecimpung di bidang reserse Polri yang dahulunya juga terlibat dalam pemberantasan barang haram tersebut.

Heru juga menilai, menjadi Kepala BNN tak akan berbeda jauh dengan tugasnya selama ini berada di KPK. Sebab, kerja BNN juga berawal dari pengaduan masyarakat, penyelidikan, hingga penyidikan.

“Saya kira itu standar dalam penegakan hukum tentunya. Tapi juga di mana di BNN dengan KPK tentu tidak jauh berbeda,” lanjutnya.

Heru Winarko Resmi Dilantik Jadi Kepala BNN Gantikan Budi Waseso

Kata Heru, BNN juga memiliki kinerja seperti pencegahan yang ada di KPK. Dengan begitu, ia akan memaksimalkan dan mensinergikan antara pencegahan dan rehabilitasi sesuai dari amanat UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Komjen Budi Waseso pun mengucapkan selamat kepada Heru Winarko dan ia berharap, Irjen Heru dapat melanjutkan semua programnya dalam memberatas peredaran narkoba di Indonesia. Buwas, sapaan akrabnya, menjelaskan, Heru harus mampu meningkatkan kemampuan lembaga BNN guna memerangi narkoba.

“Termaksud fasilitas yang lain seperti gedung BNN,” kata Buwas.

Ia menambahkan, bahwa permasalahan over kapasitas bukan bagian dari tugas BNN. Sehingga, ia berharap, Heru mampu menjalankan tugasnya dengan baik selama menjadi orang nomor satu di lembaga pemberantasan narkoba tersebut.

“Kita telah lakukan pencegahan dengan mencegah tanaman ganja di Aceh. Kemudian ini didukung Presiden dengan akan menerbitkan Inpres,” tuturnya.

Buwas mengaku akan menjadi bapak rumah tangga saat pensiun karena selama ini menjadi abdi negara. Ia ingin menjaga anak dan cucunya dari peredaran barang haram narkoba. Ia pun tak menampik bila selama ini banyak partai politik yang meliriknya untuk dicalonkan sebagai kepala daerah. Mantan Kabareskrim itu memastikan siap jika kembali diminta untuk mengabdi kembali kepada bangsa dengan jabatan apapun.

Check Also

Jika Kemendag Impor Beras, Buwas Ogah Disimpan di Gudang Bulog

JAKARTA, Waspada.co.id – Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso ngotot tak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.