Home / Warta / Politik / Perjalanan Karir Politik Anies: Ditunjuk, Dicopot Lalu Dipilih Rakyat
Anies Baswedan (foto: Istimewa)

Perjalanan Karir Politik Anies: Ditunjuk, Dicopot Lalu Dipilih Rakyat

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Usai dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, ada hal menarik tentang Anies Baswedan dan Jokowi yang kembali teringat.

Tercatat pada perjalanan Jokowi menjabat sebagai presiden, Anies melewati tiga proses yakni dilantik, dicopot kemudian dilantik lagi setelah dipilih olrh rakyat.

Berikut ketiga proses perjalanan karir politik Anies yang dirangkum oleh Okezone:

1. Ditunjuk sebagai Mendikbud

 Anies Baswedan ditunjuk sebagai Mendikbud pada kabinet kerja. Mantan Rektor Universitas Paramadina tersebut dilantik pada 27 Oktober 2014 oleh Presiden Joko Widodo.

Anies dipercaya membenahi pendidikan di Indonesia setelah turut memenangkan pasangan Jokowi-JK pada Pemilu Presiden 2014.

Belum 100 hari menjabat, Anies membuat kebijakan kontroversial dengan membatasi penggunana kurikulum 2013 yang di masa mendikbud sebelumnya, M Nuh mulai dimasifkan.

2. Dicopot dari jabatannya

Presiden Joko Widodo memutuskan mengganti jabatan Mendikbud. Jokowi memilih mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang, Muhadjir Effendy.

Anies Baswedan menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantunya mengemban tugas sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Khususnya kepada para guru, tenaga pendidikan dan kepala sekolah di seluruh Indonesia.

3. Dipilih Rakyat lalu dilantik sebagai Gubernur DKI

Presiden RI Joko Widodo melantik Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Istana Negara pada Senin, 16 Oktober 2017 sekitar pukul 16.00 WIB. Pelantikan berlangsung dengan khidmat.

Dalam pelantikan, pasangan Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies dan Sandi mengikuti pembacaan sumpah jabatan yang dibacakan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Dalam sumpah jabatannya, Anies dan Sandi berjanji akan menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur yang patuh terhadap UUD Negara Republik Indonesia.

Check Also

Kasus Hoax Ratna Sarumpaet, Polisi Dalami Peran Fadli Zon

JAKARTA, Waspada.co.id – Polisi memproses kasus hoaks penganiayaan Ratna Sarumpaet. Kepala Divisi Humas Mabes Polri ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: