Home / Warta / Indonesia Hari Ini / “Pergantian Panglima TNI Bukan Arisan”
Menkopolhukam Wiranto (Foto: Okezone)

“Pergantian Panglima TNI Bukan Arisan”

BOGOR, WOL – Menko Polhukam Wiranto meminta agar penunjukkan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI baru tak perlu menjadi polemik.

Ia menuturkan, pergantian Panglima TNI berdasarkan nama yang diajukan Presiden RI merupakan hal yang biasa, terlebih Jenderal Gatot Nurmantyo telah memasuki usia pensiun.

“Sehingga mau tidak mau akan ada penggantian. Itu tidak perlu diributkan karena penggantian itu adalah kewenangan dan hak Presiden untuk mengganti Panglima TNI yang memasuki usia pensiun. Lalu siapa yang akan mengganti? Bisa dari TNI AU, TNI AD, atau TNI AL,” ujar Wiranto di area Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/12) malam.

Ia menambahkan, tidak ada aturan baku yang mengharuskan pergantian Panglima TNI berdasarkan urutan matra atau meneruskan angkatan sebelumnya.

“Tidak harus kemudian kayak arisan, gantinya itu teratur, tidak. Tetapi berdasarkan kondisi obyektif yang dihadapi. Tidak juga harus kemudian urut kacang, urut angkatan. Setelah perwira tinggi, apalagi calonnya kan dari Kepala Staf Angkatan, itu pendekatannya, pendekatan leadership,” tuturnya.

Lebih jauh, menurut Wiranto hal yang perlu dilihat dalam penunjukan sosok yang layak menggantikan Panglima TNI merupakan figur yang memiliki kepemimpinan dan kemampuan manajerial yang baik.

“Serta dianggap bahwa semua kepala staf angkatan sudah memiliki leadership dan kemampuan manajerial yang mumpuni menjadi Panglima TNI,” tandasnya. (inilah/ags)

Check Also

Jelang Tahun Politik, Pesan Moeldoko Untuk Panglima TNI Marsekal Hadi

JAKARTA, WOL – Marsekal Hadi Tjahjanto resmi menjabat sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggantikan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: