Home / Warta / Mancanegara / Penyelidikan Jamal Khashoggi, AS Terima Rp1,5 Triliun Dari Saudi
REUTERS/Leah Millis/Pool

Penyelidikan Jamal Khashoggi, AS Terima Rp1,5 Triliun Dari Saudi

RIYADH,Waspada.co.id – Amerika Serikat menerima bayaran sebesar USD 100 juta atau Rp 1,5 triliun dari Arab Saudi di hari yang sama saat Menteri Luar Negeri Mike Pompeo berkunjung ke Riyadh untuk bertemu dengan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud.

Kunjungan Pompeo bertujuan untuk membahas penyelidikan atas kasus hilangnya wartawan Saudi Jamal Khashoggi di Turki 2 Oktober lalu.

Pemberian uang ini kontan memicu kecurigaan. Sebab, saat ini penyelidikan sedang berlangsung penyelidikan terkait Khashoggi yang diduga bukan hilang, melainkan dibunuh atas suruhan pemerintah Saudi. Namun, AS membantah bahwa uang diberikan Saudi ada hubungannya dengan kunjungan Pompeo.

“Ini bukan sebuah kebetulan,” kata seorang pejabat AS yang terlibat dengan kebijakan Suriah, seperti dilansir dari Business Insider, Kamis (18/10).

Uang tersebut awalnya telah dijanjikan kepada AS pada Agustus lalu sebagai bagian dari upaya untuk menstabilkan wilayah di Suriah. Tetapi pada saat itu Saudi belum memberikan kejelasan waktu kapan uang tersebut akan diberikan.

“Pemberian dana telah lama direncanakan dan tidak ada hubungannya dengan acara lain atau kunjungan Pompeo ke Saudi,” tegas utusan AS, Brett McGurk.

Sementara itu, Pompeo menolak untuk memberikan informasi lebih banyak mengenai kunjungannya ke Saudi. “Saya tidak ingin banyak bicara, pihak Arab Saudi juga tidak mau karena penyelidikan mereka yang belum selesai secara menyeluruh,” ujar Pompeo.

Trump mengklaim bahwa dirinya tidak memiliki kepentingan keuangan dengan Saudi, hal itu diungkapkan setelah menghadapi kritik atas tanggapannya pada kasus Khashoggi. Namun, bisnis Trump telah mengalami peningkatan besar dengan memiliki hotel di New York City karena pemerintah Saudi dan putra mahkota. (merdeka/ags/data1)

Check Also

Kasus Khashoggi, Jaksa Agung Saudi Temui Intelijen Turki

ISTANBUL, Waspada.co.id – Jaksa Agung Arab Saudi Sheikh Saud al-Mojeb menemui sejumlah pejabat intelijen Turki ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: