Breaking News
_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Penurunan Harga BBM Tidak Berdampak Turunnya Harga
WOL Photo

Penurunan Harga BBM Tidak Berdampak Turunnya Harga

JAKARTA, WOL – Rencana Presiden Joko Widodo menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) harus dikaji dengan cermat. Pasalnya, kebijakan tersebut diprediksi tidak berdampak kepada turunnya harga.

“Menurunkan harga (BBM) tidak akan berdampak ke yang lain. Siapa yang bisa menjamin kalau BBM turun maka harga kebutuhan pokok juga turun,” kata Pengamat Kebijakan Energi Sofyano Zakaria di Jakarta, Selasa (6/10).

Sofyani menerangkan, rencana pemerintah menurunkan harga BBM merupakan upaya untuk menstimulus ekonomi yang kini mengalami kelesuan. Namun, kebijakan harga BBM yang rencananya kembali disesuaikan, belum menjamin terciptanya deflasi (penurunan harga).

“Menurunkan harga BBM tidak ada deflasi, kalau naik kan bisa terjadi inflasi. Tapi saya pikir ini tidak ada hal seperti itu,” papar Sofyano.

Meski demikian, Sofyano memperkirakan ada hal positif yang bisa tercipta dari implementasi kebijakan itu. Khususnya di sektor transportasi yang berkaitan dengan logistik. Penurunan harga BBM bisa memberi angin segar di tengah perlambatan ekonomi nasional saat ini.

“Kalau yang turun Solar subsidi tentu berpengaruh besar ke sektor transportasi. Ini berdampak langsung ke perekonomian. Kalau Premium yang turun ini enggak berpengaruh apa-apa,” papar Sofyano.

Presiden Jokowi telah menginstruksikan PT Pertamina (Persero) untuk menghitung ulang potensi penurunan harga BBM. Sebagai jawaban dari instruksi itu, Pertamina mengusulkan agar ada pemangkasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 5% di BBM.(inilah/data2)

Check Also

Pengelola Pasar Tradisional Adukan Bupati Batubara ke Presiden

MEDAN, Waspada.co.id – Bupati Batubara, Zahir, diadukan ke Presiden RI, terkait dugaan ketidakadilan atas perizinan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.