_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Penukaran Riyal di Asrama Haji Medan Capai Rp30 Juta
WOL Photo

Penukaran Riyal di Asrama Haji Medan Capai Rp30 Juta

MEDAN, Waspada.co.id – Musim haji, penukaran mata uang Riyal Arab Saudi untuk perjalanan ibadah haji yang ada di Asrama Haji Medan mencapai Rp30 juta/harinya.

Para calon jamaah haji banyak menukar Riyal ini untuk dipergunakan kebutuhan sehari-hari selama di Arab Saudi.

Di sampikan petugas loket penukaran uang Riyal, Putri Ramadhani Harahap di Asrama Haji Medan, bahwa saat ini Riyal berada di Rp4.200 yang biasanya Rp3.940. Ini disebabkan musim haji mata uang Riyal naik.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya BRI juga ikut memegang pembagian living cost (uang saku) dan money changernya dalam hal ini khusus dari Rupiah ke Riyal. Biasanya kita pakai sistem paket namun tahun ini jemaah bebas menukarkan berapa jumlah uang Rupiah,” ungkapnya, Senin (22/7).

Dan berdasarkan data, paling banyak jemaah calon haji menukarkan uang pecahan kecilnya seperti uang pecahan kecil 1 Riyal, 5 Riyal, dan 10 Riyal.

“Yang paling banyak di tukar yakni uang pecahan kecil 1 Riyal dan 5 riyal. Kalau 1 Riyal biasanya untuk infak jemaah. Sedangkan 5 Riyal mereka beli air mineral dan roti di sana. Biasanya seperti itu,” ungkapnya.

Selama di Asrama Haji tepatnya sudah keberangkatan kelompok terbang (kloter) 5 rata-rata jemaah calon haji menukarkan uang nya sebesar Rp50 ribu sampai Rp10 juta.

“Untuk tahun ini kalau di lihat dari transaksi dan registrasi cukup meningkat ya daripada tahun lalu,” terangnya.

Dan tak hanya menerima penukaran saja, pihaknya juga memberikan edukasi mengenai uang Riyal. Sehingga lebih mempermudah penggunaannya saat di Arab Saudi.

“Karena mereka kan baru tahu wujud Riyal seperti apa karena yang berangkat juga sudah lanjut usia (lansia). Kami juga mempermudah akses penukaran pada jemaah sebelum pergi ke Arab Saudi untuk menjalankan ibadah haji,” tandasnya.(wol/eko/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Diangkat Dirut Bank Sumut, Budi Utomo Fokus 3P

MEDAN, Waspada.co.id – Resmi diangkat menjadi Direktur Utama PT Bank Sumut, Muchammad Budi Utomo, akan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.