Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Penukaran Kartu GPN Capai 141 Ribu di Sumut
WOL Photo

Penukaran Kartu GPN Capai 141 Ribu di Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Sejak 22 Oktober sampai 2 November, penukaran kartu ATM/debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) selama pekan GPN yang dilakukan Bank Indonesia bersama 13 bank di Sumut mencapai 141.339 kartu.

Direktur BI KPw Sumatera Utara, Andiwiana S, mengatakan pencapaian yang menggembirakan karena jumlah kartu yang ditukarkan selama pekan penukaran GPN cukup banyak. Dan jika dibandingkan kota lain, di Sumatera Utara paling tinggi penukarannya.

“Ini hasil yang sangat menggembirakan. Kita targetkan 23 ribu kartu berbasis GPN. Tetapi rupanya dari 14 hari masa penukaran, telah berhasil ditukarkan 141.339 kartu oleh masyarakat,” ujarnya di kantor BI Sumut, Selasa (13/11).

Dari 13 bank, yang paling terbanyak penukaran kartu GPN yakni BRI di mana jumlahnya sekitar 50 persen. Bank Indonesia terus mendorong masyarakat untuk menukarkan dengan kartu GPN dan diharapkan 2020 nanti masyarakat yang menggunakan kartu lokal bisa menggunakan kartu GPN.

“Memang kita selain mengedukasi bank dan konsumen untuk GPN ini. Dalam waktu dekat ini, kita juga mengedukasi merchant untuk mensosialisasikan kepada customer mereka,” katanya.

Apalagi sebenarnya dengan GPN tersebut lebih simpel dan relatif lebih murah dan lebih banyak dipakai lokal dan penggunaan tidak meluas sehingga lebih murah.

Pemerintah di tahun 2018 mulai meluncurkan kartu ATM/debit berlogo GPN. Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) ini merupakan sistem pembayaran yang pengelolaan data dilakukan di dalam negeri.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Hingga 2018, LPS Catat 89 BPR Dilikuidasi

MEDAN, Waspada.co.id – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat ada 89 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: