Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Penuhi Kebutuhan Lebaran, BI Sumut Siapkan Rp4,1 Triliun Uang Pecah
WOL Photo/Ilustrasi

Penuhi Kebutuhan Lebaran, BI Sumut Siapkan Rp4,1 Triliun Uang Pecah

MEDAN, Waspada.co.id – Menjelang Ramadhan dan Lebaran, Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Sumatera Utara mempersiapkan sekitarnya Rp4,1 Triliun uang pecah untuk kebutuhan masyarakat.

Kebutuhan tersebut meningkat 15 % dari tahun sebelumnya sebesar Rp3,6 triliun. Guna memenuhi kebutuhan tersebut juga, Bank Indonesia akan melaksanakan 4 strategi pelayanan penukaran uang pecahan kecil kepada masyarakat.

Kepala Bank Indonesia Sumut, Arief Budi Santoso mengatakan pelayanan penukaran uang tersebut akan bekerjasama dengan 10 bank dan terdiri dari 50 loket penukaran bank, yakni Bank Mestika, Bank Mandiri, Bank BCA, Bank Sumut, Bank BNI, Bank Mega, Bank BTN, Bank BRI, Bank Permata, dan Bank ANZ.

“Masyarakat juga bisa menggunakan kartu (Card to Cash), menjelang hari besar keagamaan, termasuk saat menjelang Lebaran terdapat jadwal penukaran tetap dilakukan setiap hari Selasa dan Kamis dengan layanan penukaran uang Hasil Cetak Sempurna (HCS),” tuturnya kepada Waspada Online, Rabu (16/5).

Layanan penukaran kas mobil di Lapangan Benteng, pada kegiatan kas mobil tersebut akan diikuti oleh 16 mobil yang terdiri dari 15  mobil bank dan 1 (satu) kas mobil Bank Indonesia.

Ke-15 perbankan tersebut, yakni Bank Mestika, Bank BCA, Bank Mandiri, Bank Sumut, Bank BNI, Bank Mega, Bank BRI, Bank Permata, Bank Danamon, Bank CIMB Niaga, Bank Mandiri Syariah, Bank BRI Syariah, Bank BNI Syariah, Bank Maybank, dan Bank Muamalat.

“Pelaksanaan layanan ini akan dimulai tanggal 28 Mei sampai 7 Juni 2018. Layanan Kas Keliling Mobile yang akan dipusatkan di pasar-pasar tradisional serta instansi terkait di wilayah Medan dan sekitarnya,” jelas Arief.

Kegiatan pelayanan kepada bank dan masyarakat akan dilaksanakan selama 15 hari kerja terhitung 16 Mei 2018 sampai 7 Juni 2018.

“Adapun nominal yang dapat ditukarkan pada layanan penukaran oleh perbankan, penukaran cash mobil di Lapangan Benteng, dan Layanan cash keliling mobile maksimal sebesar Rp3,7 juta dengan rincian pecahan Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000 dan Rp2.000, masing-masing 1 (satu) pac,” tambahnya.

“Selain bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan permintaan uang pecahan kecil. Berbagai strategi yang dilakukan oleh Bank Indonesia juga bertujuan untuk memberikan kenyamanan bertransaksi serta meminimalkan aksi “pedagang uang” yang biasanya muncul pada bulan Ramadhan,” pungkasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Ini Penjelasan Komisioner KPU Sumut ke Pendemo

MEDAN, Waspada.co.id – Para Komisioner Komisi Pemiihan Umum Sumatera Utara ( KPU Sumut) mengapresiasi para ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: