Home / Warta / Teknologi / Penjualan Kawasaki Meningkat di Kuartal Pertama 2015
Istimewa

Penjualan Kawasaki Meningkat di Kuartal Pertama 2015

MEDAN, WOL – Dealer utama Kawasaki di Sumatera Utara PT Meganusa Semesta mencatat peningkatan penjualan motor Kawasaki pada kuartal I 2015 hampir mencapai 10 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Manager Marketing PT Meganusa Semesta Lilis mengatakan,  pihaknya memperoleh peningkatan penjualan pada kuartal pertama yang menunjukkan adanya pertumbuhan penjualan di Sumatera Utara meskipun hanya 10 persen. Peningkatan ini didukung adanya produk andalan Kawasaki yaitu motor trail yang sangat diminati para anak muda di Sumatera Utara.

“Untuk tahun ini kami akan membuat pameran di beberapa tempat seperti kampus-kampus agar penjualan kami terus meningkat walau dalam ekonomi yang belum stabil,” katanya belum lama ini.

Lambatnya pertumbuhan ekonomi memang memberikan dampak yang cukup signifikan kepada masyarakat menengah ke bawah sebagai pasar ‘low segmen’, akan tetapi hal tersebut tidak mempengaruhi penjualan produk Kawasaki sebagian besar adalah sepeda motor sport yang cenderung diminati kelas ekonomi menengah ke atas.

“Peningkatan penjualan yang dibukukan pada kuartal I 2015 disebabkan tersedianya setiap jenis motor di dealernya sehingga tidak ada daftar tunggu pembelian (inden),” ujarnya.

Pada tahun sebelumnya, Meganusa Semesta telah mencatat inden terhadap hampir seluruh jenis motor karena kekurangan stok. Apalagi saat itu inden motor Kawasaki dari Sumatera Utara, khususnya Medan, bisa mencapai waktu satu bulan.

“Namun setelah pada Februari 2014 Kawasaki menambah satu lagi pabrik perakitannya di Indonesia, saat ini stok motor Meganusa Semesta selalu tersedia. Dan Kawasaki telah memiliki dua pabrik di Indonesia, yakni di Pulogadung dan Belitung,” katanya.

Pihaknya juga memastikan bahwa dengan pengoperasian kedua pabrik tersebut saat ini stok motor yang mereka jual selalu tersedia untuk jenis apapun, kecuali motor kelas premium atau motor gede.

Selain itu, adanya tren pemakaian motor jenis trail di kalangan muda di Sumatera Utara, khususnya Medan, yang menyukai aktifitas offroad di kawasan perkebunan maupun jalan raya juga menjadi faktor pendukung meningkatnya penjualan Kawasaki.

“Sepanjang tahun ini pihaknya memiliki berbagai strategi promosi dan pemasaran motor Kawasaki. Salah satunya adalah menggelar pameran. Ada program-program yang kami rencanakan, tapi kami lebih suka pameran,” terangnya.

Ia menambahkan, pada bulan ini Meganusa akan menggelar pameran motor Kawasaki di Center Point Mall mulai dari kelas 250cc sampai motor sport.

‘’Selain pameran, Meganusa juga akan menggelar beberapa event di kampus-kampus. Namun sebenarnya strategi-strategi promosi dan penjualan tersebut sama dengan yang dilakukan pada tahun lalu atau tahun-tahun sebelumnya. Sebenarnya tidak ada yang baru. Kami juga tidak ada cashback besar-besaran,” ujarnya.

Namun demikian, pihaknya tetap optimistis di tengah melemahnya penjualan motor secara nasional mereka mampu meraih target sebanyak 8.000 unit pada tahun ini, atau 2.000 lebih banyak dari tahun lalu.

“Hal itu karena dua hal. Pertama karena ketersediaan stok dan kedua, tren motor trail di Sumatera Utara,”pungkasnya. (wol/eko/data2)

Editor: CAESSARIA INDRA DIPUTRI

Check Also

Mulai Produksi, Zontes 310 ADV Siap Lawan BMW G310GS

WASPADA.co.id – Motor adventure termurah dari BMW Motorrad, BMW G310GS, sebentar lagi akan punya lawan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: