Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Penghayat Kepercayaan Masuk Kolom KTP, DPR: Umat Beragama Harap Tenang dan Bijak
Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid (Okezone)
Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid (Okezone)

Penghayat Kepercayaan Masuk Kolom KTP, DPR: Umat Beragama Harap Tenang dan Bijak

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid meminta pemerintah berhati-hati dan cermat, serta proporsional dalam memperlakukan aliran kepercayaan dalam berbagai atribut kenegaraan dan pemerintahan termasuk dalam mengisi kolom KTP, lembaga pembinaan, dan lainnya.

Hal ini terkait dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memutuskan penganut Penghayat Kepercayaan boleh dicantumkan dalam kolom agama di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Kehati-hatian ini, menurut Sodik, karena keputusan MK tersebut hanya berdasarkan kepada hukum-hukum dan konstitusi yang berlaku di NKRI, bukan didasarkan kajian berbasis akidah, syariah dan hukum agama.

Dengan basis-basis kajian MK tersebut, tambah Sodik, maka posisi aliran kepercayaan atau penghayat kepada Tuhan yang Maha Esa (YME) adalah bukan agama dan tidak setingkat dengan agama. “Karena itu kepada umat beragama diharapkan tenang dan menyikapinya dengan bijak,” kata Sodik kepada Okezone, Kamis (9/11/2017).

Terkait teknis penulisan di kolom agama, Sodik meminta pemerintah cermat dan jeli dalam menulisnya. “Dalam KTP yang memberi ruang untuk pengisian Aliran kepercayaa,maka harua ditulis agama atau aliran Kepercayaan bukan hanya ditulis agama saja untuk diisi oleh pemilik KTP,” tuturnya.

Meski begitu, politikus Partai Gerindra ini tetap mengapresiasi langkah Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang akan berkonsultasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menentukan tindak lanjut pasca keluarnya putusan MK itu.

“Kami apresiasi langkah Mendagri yang berkonsultasi dengan MUI dalam merumuskan kebijakan untuk aliran kepercayaan pasca keputusan MK

Jakarta,” pungkasnya.

Check Also

Ilustrasi

Anggota DPR Nilai Putusan MK soal Kolom Agama di KTP Berpotensi Disalahgunakan

JAKARTA, WOL – Anggota Komisi II DPR Achmad Baidowi menilai, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.