Home / Warta / Politik / Pengawasan Minim, Wajar KPK Ciduk Kalapas Sukamiskin
Anggota Komisi III DPR, Masinton (foto: Antara)

Pengawasan Minim, Wajar KPK Ciduk Kalapas Sukamiskin

JAKARTA, Waspada.co.id – Anggota Komisi III Masinton Pasaribu menilai minimnya evaluasi dan pengawasan Ditjen PAS terhadap lapas-lapas di Indonesia khususnya Lapas Sukamiskin Bandung, salah satu indikator KPK menangkap Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Wahid Husen, atas dugaan penyuapan izin keluar lapas.

“Ini menampakan bahwa evaluasi dan pengawasan terhadap lapas khususnya sukamiskin minim atau mungkin tidak terjadi,” ketusnya, Sabtu (21/7).

Masinton menyarankan Ditjen PAS membenahi regulasi yang diterapkan oleh lapas atas aturan pemberian izin terhadap warga binaan.

“Harusnya ada pembenahan di lapas khususnya sukamiskin, pemberian izin terhadap warga binaan untuk alasan berobat keluar lapas,” ujarnya seperti dilansir dari laman suara.com.

Untuk menghindari seringnya napi yang izin keluar masuk lapas dengan alasan sakit, menurut Masinton, agar disediakan klinik di Lapas Sukamiskin. Apabila dibutuhkan untuk keluar lapas, tentu napi tersebut harus mendapatkan rekomendasi dari dokter lapas.

“Di bikin aja klinik khusus, dokternya khusus sesuai jenis penyakit tahanan tersebut sehingga tidak serta merta orang dapat izin keluar untuk berobat. Harus ada rekomendasi dan izin dari dokter yang bersangkutan di lapas,” pungkasnya.(wol/mrz/suara/data2)

Check Also

Kartu Nikah, Ikhtiar Kemenag Tingkatkan Kualitas Layanan Publik

  JAKARTA – Kementerian Agama telah meluncurkan Kartu Nikah bersamaan dengan dirilisnya Aplikasi Sistem Informasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: