Home / Warta / Politik / Pengamat Politik Syamsuddin Haris Sebut JK Punya Ambisi Politik
Jusuf Kalla (Okezone)

Pengamat Politik Syamsuddin Haris Sebut JK Punya Ambisi Politik

JAKARTA, Waspada.co.id – Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Syamsuddin Haris, mengaku tidak habis pikir dengan langkah Jusuf Kalla (JK) yang ikut menggugat batas masa jabatan wapres ke Mahkamah Agung. Apalagi, JK mengajukan diri sebagai pihak yang dirugikan. Padahal, UUD 1945 pasal 7 UUD 1945 sudah jelas mengamanahkan batasan dua periode presiden dan wapres itu.

Syamsuddin pun mensinyalir, JK hanya mempunyai ambisi politik semata. Bukan alasan untuk mengabdi yang selama ini JK sampaikan. “Maaf jika saya katakan, batas antara alasan mengabdi rakyat dan ambisi kekuasaan pun menjadi tipis,” kata Syamsuddin melalui akun Twitternya yang dilansir dari laman viva, Sabtu (21/7).

Ia menambahkan, bahwa pasal 7 UUD 1945 yang membatasi kekuasaan presiden dan wakilnya hanya dua kali masa jabatan tidak perlu lagi dikaji lagi karena sudah terang benderang.

“Yang perlu dikaji justru adalah pikiran dan motif mereka yang hendak menguji pesan konstitusi yang sudah sangat jelas tersebut,” lanjut Syamsuddin.

Sebagaimana diketahui, JK sudah dua periode menjabat sebagai wapres. Periode pertama saat berpasangan dengan Susilo Bambang Yudhoyono pada 2004-2009. Periode kedua adalah sekarang, 2014-2019. Sebelumnya, JK sudah sempat menyatakan berkomitmen tidak akan maju lagi dalam ajang pilpres, baik sebagai capres maupun cawapres.

Juru bicara JK, Husain Abdullah, pun membenarkan bila JK mengajukan diri sebagai pihak terkait. Namun, dia membantah langkah itu demi ambisi pribadi.

“Karena Pak JK adalah satu-satunya WNI yang pernah menjabat wapres sebanyak dua kali dan sedang menjadi obyek dalam perkara. Kesediaan Pak JK menjadi pihak terkait (bukan penggugat) justeru membantu MK dalam proses uji materi dan mencari kepastian hukum,” tulis dia melalui akun Twitter @husainabdullah1.(wol/mrz/viva/data2)

Check Also

JK Jadi Ketua Tim Dewan Penasihat Jokowi-Ma’ruf

JAKARTA, Waspada.co.id – Hasil rapat bakal capres Jokowi dengan sembilan sekjen parpol koalisi merampungkan struktur ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: