_
Home / Warta / Politik / Pengamat LIPI: Pilpres 2019, Kontestasi Politik Paling Keras
Siti Zuhro (foto: Ist)

Pengamat LIPI: Pilpres 2019, Kontestasi Politik Paling Keras

MALANG,Waspada.co.id – Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Dr Siti Zuhro menyebut Pemilu 2019 menjadi kontestasi politik paling keras sepanjang sejarah demokrasi di Indonesia.

Ia menilai kontestasi politik ini menyebabkan keterbelahan di sejumlah sisi. Yang paling nyata terjadi di kalangan umat Islam kelompok mayoritas di Indonesia.

“Ini kan dimulai dari Pilkada 2017 yang tidak selesai sampai sekarang. Kontestasi yang keras cenderung menyebabkan perpecahan. Terutama dalam kelompok Islam yang merupakan kelompok mayoritas,” katanya di Malang, Sabtu (23/3/2019).

Ia menyatakan politik identitas menggunakan isu SARA harus segera diakhiri. Sebab, jika tak diakhir berpotensi berkepanjangan hingga pasca Pilpres. Butuh sebuah rekonsiliasi siapapun pemenang di kontestasi Pilpres nanti.

“Mengapa disharmoni itu muncul, kenapa antar masyarakat itu tidak saling percaya. Karena demokrasi kita tak membangun nilai kepercayaan dan menghargai. Karena dalam kontestasinya melakukan cara-cara ‘pokok e menang’. Akhirnya menghalalkan segala cara,” tandasnya. (inilah/ags/data1)

Check Also

Di Hadapan Aktivis 98, Jokowi Kembali Tegaskan Tidak Punya Beban

  JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara halal bihalal Rembuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: