Home / Warta / Politik / Pengadilan Tolak Eksepsi KPK, Praperadilan Setnov Terus Berjalan
Ketua DPR RI Setya Novanto (Bayu/Okezone)

Pengadilan Tolak Eksepsi KPK, Praperadilan Setnov Terus Berjalan

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Cepi Iskandar menolak eksepsi atau keberatan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas gugatan praperadilan yang diajukan Setya Novanto.

Salah satu poin eksepsi KPK yakni pernyataan pemohon (Novanto) yang menyebut KPK tidak berwenang melakukan penyidikan karena masih ada penyidik Polri yang berstatus ganda atau masih aktif di Polri tetapi telah diangkat sebagai pegawai tetap KPK. KPK menyebutkan adanya kompetensi absolut, di mana yang berwenang memeriksa hal tersebut adalah Pengadilan Tata Usaha Negara.

Namun demikian, Hakim Cepi menilai eksepsi termohon telah melenceng dari permohonan pokok pemohon yang meminta hakim praperadilan memeriksa sah atau tidaknya penetapan tersangka pemohon.

“Hakim praperadilan berkesimpulan bahwa permohonan praperadilan dari pemohon bukan merupakan sengketa TUN. Dengan demikian Pengadilan Negeri Jakarta Selatan berwenang mengadili permohonan ini,” kata Cepi di PN Jaksel, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Jumat (22/9/2017).

Hakim Cepi menyatakan menolak seluruh eksepsi KPK. Selanjutnya, hakim praperadilan akan melanjutkan pemeriksaan terhadap proses penetapan tersangka Novanto. “Hakim praperadilan melanjutkan proses pemeriksaan sidang praperadilan,” kata Cepi.

Check Also

Akademisi: e-KTP Djarot Sesuai Prosedur Kemendagri

MEDAN, Waspada.co.id – KTP elektronik atau e-KTP milik Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: