Breaking News
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Penerimaan Sektor Tembakau Besar, Kemenperin Keberatan Instruksi Jokowi
Ilustrasi (WOL Photo/Ega Ibra)

Penerimaan Sektor Tembakau Besar, Kemenperin Keberatan Instruksi Jokowi

JAKARTA, WOL – Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengungkapkan, penerimaan negara dari tembakau bisa dinilai cukup besar. Namun, baru-baru ini Presiden Jokowi meminta untuk mengendalikan tembakau.

Saleh mengungkapkan, dari sektor perindustrian sejatinya mendukung keputusan Presiden Jokowi yang ingin mengendalikan tembakau. Setidaknya ada empat arahan dari orang nomor satu di Indonesia soal pengendalian tembakau.

Arahan pertama adalah Presiden Jokowi meminta untuk menekan impor tembakau, kedua menaikkan cukai tembakau impor, ketiga menaikan cukai rokok, dan keempat mempersempit ruang bagi para perokok.

“Saya sih tergantung dengan keputusan dari kementerian-kementerian yang lain juga, sebab untuk ambil keputusan ini kan tidak hanya dari sisi Kemenperin, tapi ada dari Kemenkes, Kemenaker, dan lain-lain, dan kami akan ikuti keputusannya,” kata Saleh di Komplek Istana, Jakarta, Selasa (14/6/2016).

Saleh mengungkapkan, sumbangsih industri tembakau selama ini dari sektor cukainya saja mencapai sekitar Rp39 triliun, dari sektor PPn dan PPh jika ditotal mencapai sekitar Rp180 triliun.

“Itu kan cukup besar, kira-kira dari total penerimaan negara sumbangan rokok itu ya 11 persen lah, itu kan bukan angka kecil. Nanti ada enggak yang bisa menggantikan itu,” tandasnya.(hls/data2)

Check Also

Jokowi Tak Hentikan Tunjangan Guru

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kabar pemerintah akan menghentikan tunjangan kepada para ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: