Newsticker
WOL / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Penduduk Kota Meroket, “Secondary City’ Perlu Dibangun
Istimewa
Istimewa

Penduduk Kota Meroket, “Secondary City’ Perlu Dibangun

JAKARTA, WOL – Saat ini sebanyak 53 persen penduduk tinggal di daerah perkotaan, di tingkat Asia PBB memperkirakan peningkatan menjadi 64 persen penduduknya akan tinggal di perkotaan pada tahun 2050.  Sedangkan di Indonesia hampir 60 persen penduduk Indonesia tinggal di Jawa.

“Prioritas utama kita adalah bagaimana kita membangun secondary city, yaitu mengurangi beban metropolitan dengan membangun dari pinggiran.

Basuki menjelaskan pemerintah akan membangun kota-kota di pinggiran di sekitar kawasan metropolitan di Indonesia, diantaranya di Medan, Palembang, Padang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Makassar.

“Ada 4 hal yang menjadi permasalahan metropolitan yang harus diselesaikan dalam rangka menuju kota yang nyaman yaitu transportasi massal, sanitasi, air bersih dan perumahan,” tegas Menteri Basuki.

Sementara itu, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Andreas Suhono mengatakan, penduduk perkotaan itu lebih besar daripada penduduk pedesaan, sementara kota itu harus menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi semua usia tetapi juga kebetulan menjadi mesin penggerak ekonomi, sehingga peran kota menjadi kompleks ke depan.

“Satu sisi menjadi tempat tinggal yang nyaman, berkualitas, dengan infrastrukturnya, disisi lain juga harus produktif,”tutur Andreas.

Andreas mengungkapkan, bahwa Indonesia saat ini dipandang sedang terjadi fenomena yang menarik bagi dunia, dimana bermunculannya pemimpin-pemimpin daerah yang berkomitmen untuk menciptakan kota di daerahnya menjadi lebih nyaman untuk ditinggali.(hls/data1)

Baca Juga

Ilustrasi (foto: Ist)

Kementerian PUPR Bentuk Tim Pendata Program Sejuta Rumah

JAKARTA, WOL – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.