Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Pencurian Ikan Modus Baru Menghantui Laut Indonesia
Istimewa

Pencurian Ikan Modus Baru Menghantui Laut Indonesia

JAKARTA, WOL – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menduga para pelaku illegal fishing melakukan modus baru yakni transhipment atau transaksi di tengah laut dengan kapal-kapal kecil lokal yang bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan Indonesia.

“Jadi, illegal fishing yang sekarang ini terjadi, kapal-kapal kita, kapal-kapal milik Indonesia buatan Indonesia melakukan penangkapan, namun akhirnya diekspor secara ilegal, tidak tercatat, yaitu dengan tranship kepada kapal-kapal yang lewat,” katanya seperti dilansir dari laman suara.com, Sabtu (7/4).

Susi mengatakan modus baru tersebut termasuk kejahatan pencurian ikan lintas negara yang terorganisir (transnational organized fisheries crime). Sebab kejahatan ini melibatkan kelompok atau jaringan yang bekerja di lebih dari satu negara untuk merencanakan dan melaksanakan perdagangan ilegal.

“Jadi mereka mengorganisasikan penjemputan penampungan di tengah laut. Ini saya yakin ada kesatuannya,” ujarnya.

Lebih lanjut Susi mengatakan modus baru tersebut sedang dijalani oleh kapal ikan buronan Interpol STS-50 yang ditangkap oleh Satgas 115 pada Jumat (7/4) kemarin.

“Lima kapal indonesia itu rencananya akan pindahkan ke satu kapal ikan berukuran besar, 700 ton kurang lebih ukuran kapalnya. Ini info yang saya dapat, asal Kamboja. Di koordinatnya dekat Pulau Laut di Kepulauan Riau. Kita juga dapet infonya dari Interpol. Saya yakin ini ada kaitannya, tidak mungkin tidak ada karena mirip dari ukuran kapalnya,” katanya.

Sebelumnya kapal buronan Interpol, STS-50 berhasil ditangkap oleh Satgas 115 di sekitar 60 mil dari sisi Tenggara Pulau Weh, Sabang, Aceh, Jumat (6/4/2018). Kapal tersebut seringkali melakukan pelanggaran seperti illegal fishing dan pemalsuan dokumen.(wol/mrz/suara/data1)

Check Also

Telkomsel Berkah, Kejutan Emas dan Motor Untuk Para Pelanggan Setia

MEDAN, Waspada.co.id – Telkomsel kembali hadirkan program loyalti terbaru, yaitu Telkomsel Berkah sebagai bentuk apresiasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: