Breaking News
Home / Warta / Politik / Pemilu Serentak, Penerapan Presidential Threshold Dianggap Membingungkan
Ilustrasi
Ilustrasi

Pemilu Serentak, Penerapan Presidential Threshold Dianggap Membingungkan

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold) menjadi salah satu isu krusial yang masih menjadi pembahasan di panitia khusus (pansus) revisi undang-undang (RUU) Pemilu.

Menurut Direktur Pusat Studi Konstitusi (Pusako) Fakultas Hukum Universitas Andalas Feri Amsari, penerapan presidential threshold tidak relevan lagi jika pemilu dilaksanakan serentak pada 2019.

“Berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) itu kan semestinya tidak ada presidential threshold. Karena kan cara menentukannya menjadi membingungkan kalau ada presidential threshold,” katanya ketika berbincang dengan Okezone, di Jakarta, Minggu (11/6/2017).

Pengamat Hukum Tata Negara yang menjadi lulusan William and Mary School Virginia Amerika Serikat ini mencontohkan, salah satu fraksi di pansus mengusulkan angka 10 hingga 15 %. Lantas atas dasar apa ukuran angka 10 hingga 15 % sebab pemilu dilaksanakan secara serentak.

“Kalau alat ukurnya adalah hasil pemilu sebelumnya kan menjadi tidak tepat karena ada partai yang di pemilu sebelumnya jadi partai yang digandrungi oleh pemilih tapi lima tahun setelahnya partai itu kan bisa saja ditinggalkan pemilih. Tidak compatible kalau kemudian disandingkan presidential threshold berdasarkan hasil pemilu 5 tahun lalu,” katanya.

Oleh karena itu, Pusako kata Feri, sepakat agar pada Pemilu Serentak 2019 presidential threshold ditiadakan. Menurut hasil kajiannya, akan lebih baik apabila mengatur pembatasan berkoalisi partai politik untuk mengusung calon presiden.

“Kita bisa mengatur agar koalisi dibatasi misalnya satu koalisi 5 atau 6 partai mungkin dibatasi 3 sampai 4 itu akan jauh lebih efektif dan bermanfaat bagi sistem pemilu kita daripada memakai presidential threshold,” tukasnya.

Check Also

Istimewa

PAN Parpol ke-7 yang Sudah Mendaftar ke KPU

JAKARTA, WOL – Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mendaftarkan partainya sebagai calon peserta pemilu pada ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.