Home / Warta / Teknologi / Pemilu 2019 Digelar Serentak, Presidential Threshold Tak Relevan Lagi
Ilustrasi

Pemilu 2019 Digelar Serentak, Presidential Threshold Tak Relevan Lagi

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Revisi UU Pemilu hingga kini masih digodok di DPR. Salah satu isu krusial yang masih menjadi kontroversi ialah persoalan penerapan ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold dalam Pemilu Serentak 2019.

Pengamat politik senior ‎Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris berpendapat presidential threshold dalam Pemilu 2019 sudah tidak relevan lagi diterapkan. Pasalnya, Pemilu dihelat serentak sebagaimana putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Yang jelas presidential threshold itu tidak relevan lagi diimplementasikan dalam pilpres sebab pemilunya sudah serentak,” kata Syamsuddin saat berbincang dengan Okezone, beberapa waktu lalu.

Ia pun mempertanyakan ambang batas mana yang dipakai apabila presidential threshold jadi diterapkan pada Pemilu 2019.

“Kalau tetap digunakan, maka yang dipakai untuk menghitung ambang batas dari mana? Kalau kemudian menggunakan hasil Pemilu 2014, itu sudah dipakai sehingga memang tidak relevan,” terang dia.

Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 14/PUU-XI/2013 menyatakan pada Pemilu 2019, pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres) dilaksanakan serentak. Dengan demikian ambang batas pencalonan presiden secara otomatis hilang atau 0%.

Konstelasi politik di parlemen menunjukkan bahwa mayoritas fraksi menghendaki tidak adanya ambang batas pengajuan calon presiden pada Pemilu 2019 mendatang. Enam fraksi di DPR mendukung presidential threshold 0%, 1 fraksi yakni PKB meminta opsi 5%, sementara hanya tiga fraksi yang menolak dan berkeras PT tetap 20%. Tiga fraksi itu PDIP, Nasdem, dan Golkar.‎

Check Also

Jokowi Kesal Segala Hal Kini Dikaitkan dengan Politik

JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengeluhkan masyarakat Indonesia yang selalu mengaitkan setiap hal dengan politik. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: