Home / Warta / Teknologi / Pemesanan Jimny Membludak, Suzuki Kewalahan
Foto: Otomotif1

Pemesanan Jimny Membludak, Suzuki Kewalahan

WASPADA.co.id – Mobil ikonik Suzuki, Jimny generasi 4 seperti memiliki pesona tak terbantahkan. Maka tak heran jika Suzuki Motor Corporation sampai kewalahan kewalahan meladeni pemesanan Jimny.

Akibatnya, diler pun tak bisa memberi kepastian soal pengiriman maupun ketersediaan unit. Pemesan pun harus inden setahun lanaran permintaan yang terlampau tinggi melewati target penjualan domestik yang sudah ditentukan untuk jangka waktu setahun.

Melansir Yahoo! Japan, target domestik yang ditetapkan sebanyak 15.000 unit untuk Jimny biasa atau kei car. Sedangkan Jimny Sierra yang juga untuk pasar global dipatok 1.200 unit untuk pasar domestik.

Jika dirata-rata, jatah Jimny kei car sebanyak 1.250 unit per bulan. Sementara dalam kurun waktu sebulan lebih sejak diluncurkan, permintaan sudah melewati target. Menariknya, Jimny Sierra juga digemari di Jepang.

“Karena kami sudah menerima pemesanan melebihi target penjualan tahunan, khususnya untuk Jimny Sierra, pengiriman bakal lebih lama dibandingkan Jimny kei car,” ungkap diler, seperti dilaporkan Yahoo! Jepang.

Target Jimny baru bisa dinilai terlalu kecil, kala dibandingkan dengan model Suzuki lain di Jepang. Contohnya, rata-rata penjualan Wagon R 9.559 unit per bulan pada 2017.

Begitu pula dengan Jimny lawas, rata-rata 1.124 unit per bulan pada tahun lalu. Lantas, yang jadi pertanyaan adalah setelah 20 tahun Jimny akhirnya memiliki generasi baru cuma dijatah 1.250 unit per bulan.

Ketika ditanya soal perluasan produksi, manufaktur punya pertimbangan untuk menambah produksi Jimny, karena pemesanan yang tinggi itu. Tapi itu baru terjadi pada 2019, sedang dalam waktu dekat belum direncanakan untuk menambah produksi.

Pasalnya, untuk langsung menambah produksi begitu saja tidaklah mudah, dibutuhkan biaya maupun waktu yang tidak sedikit. Belum lagi, risiko penurunan permintaan saat produksi sudah ditingkatkan. Bisa jadi malah merugi besar.

Sebagai informasi, Jimny generasi lawas diproduksi di pabrik Suzuki Iwata, Shizuoka. Sedang Jimny baru lahir dari pabrik Kosai, Shizuoka. Dengan melonjaknya permintaan domestik, serta dari luar, Suzuki Motor Corporation memang merencanakan bakal menambah produksi pada tahun depan. Sementara produksi Jimny di luar Jepang, bisa jadi salah satu cara meningkatkan produksi dan efisiensi untuk menjawab permintaan pasar global. (OTO/data2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: