_
Home / Warta / Politik / Pemerintah Siapkan Rp190 Miliar Untuk Hunian ASN di Ibu Kota Baru
antara

Pemerintah Siapkan Rp190 Miliar Untuk Hunian ASN di Ibu Kota Baru

JAKARTA, Waspada.co.id – Pemerintah berencana mengalokasikan uang muka sebesar Rp865 miliar untuk membangun infrastruktur dasar di lokasi ibu kota baru. Dari jumlah tersebut, Rp190 miliar di antaranya akan dialokasikan untuk pembangunan kawasan pemukiman.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan pemukiman yang dibangun nantinya akan ditujukan bagi aparatur sipil negara (ASN) yang akan pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur mencapai 1,5 juta orang.

“Kalau perumahan pasti disiapkan, mau ASN, TNI, Polri, DPR semua dibikin,” kata Basuki di Kompleks Parlemen baru-baru ini.

Adapun hunian yang akan dibangun merupakan hunian vertikal, guna menyiapkan mereka untuk tinggal di kota masa depan. Pemerintah pun membuka keran kerja sama dengan swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) dalam pembangunan kawasan pemukiman tersebut.

Untuk diketahui, dari Rp190 miliar anggaran yang akan digelontorkan untuk pengembangan kawasan pemukiman, Rp100 miliar di antaranya diperuntukkan bagi pembangunan sarana prasarana utilitas bawah tanah seperti air minum, air limbah, drainase, dan sarana prasarana umum kawasan seluas 2.000 hektar.

Sementara itu, Rp90 miliar sisanya untuk biaya konsultan urban design 2.000 hektar, rencana tata bangunan dan lingkungan (RTBL) 40 ribu hektar dan design control 180 ribu hektar serta konsultan basic design untuk perumahan ASN. (wol/aa/kcm/data1)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

PDIP Pertanyakan Urgensi Pindah Ibu Kota Jabar

Bandung, Waspada.co.id – Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono, angkat bicara perihal rencana ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.