Newsticker
WOL / Warta / Politik / Pembubaran Ormas Anti-Pancasila Harus Melalui Mekanisme yang Benar
Wakil Ketua Pansus RUU Yandri Susanto (Foto: Okezone)
Wakil Ketua Pansus RUU Yandri Susanto (Foto: Okezone)

Pembubaran Ormas Anti-Pancasila Harus Melalui Mekanisme yang Benar

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Anggota Komisi II DPR Yandri Susanto menilai Undang-Undang nomor 17 tahun 2013 sudah mengatur lengkap mengenai Organisasi Masyatakat (Ormas). Sehingga jika ada ormas yang bertentangan dengan Pancasila atau NKRI sudah sangat tepat berhadapan dengan UU Ormas tersebut.

Hal itu diungkapkannya lantaran pemerintah menerbitkan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas yang sudah diserahkan ke parlemen.

“Bagi PAN pembubaran enggak ada masalah, tapi harus ada tahapannya. Ada mekanismenya yang sudah sangat detil, dan sangat adil yang diatur Undang-Undang nomor 17 tahun 2013,” kata Sekretaris Fraksi PAN ini di dalam diskusi Sindotrijaya, di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (15/7/2017).

Menurutnya, Perppu Ormas yang diterbikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mengatur mekanisme peradilan untuk pembubaran tersebut.

“Kalau ada ormas yang ditafsirkan melanggar ya tidak masalah kok (dibubarkan), tetapi sekali lagi karena ini semua adalah anak bangsa semua komponen bangsa beri ruang dia melakukan pembelaan dan mengklarifikasi tuduhan itu (tuduhan anti-Pancasila). Jangan langsung divonis langsung dibubarkan apalagi langsung dihukum,” katanya.

Pancasila, sambungnya, adalah harga mati di NKRI. Sehingga jika ada ormas yang bertentangan dengan itu memang sudah sebaiknya dibubarkan.

“Kami tegaskan Pancasila sudah final kalau memang ada yang mau merongrong itu ya kita hadapi sama-sama. Jangan sampai pemerintah bersikap menang sendiri, tafsir tunggal itu yang kita tidak mau,” tukasnya.

Baca Juga

KH Maruf Amin (foto: Antara)

Bubarkan HTI, MUI: Pemerintah Bukan Anti-Islam

JAKARTA, WOL – Hizbut Tahrir Indonesia menuding pemerintah telah melanggar Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.