_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia, MUI Menyayangkan Keputusan Pemerintah
Ilustrasi (foto: Okezone)

Pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia, MUI Menyayangkan Keputusan Pemerintah

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan pemerintah seharusnya melakukan mekanisme peringatan dan teguran kepada Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) apabila dinilai bertentangan dengan Pancasila, bukan langsung membubarkan.

“Sesuai dengan prinsip kebebasan berpendapat dan berserikat, maka acuannya adalah UU Keormasan dan seyogianya pemerintah dapat meminta pihak-pihak yang berkompeten untuk melakukan kajian secara komprehensif apa benar HTI itu bertentangan dengan Pancasila,” Wakil Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan MUI, Ikhsan Abdullah, kepada Okezone, Selasa (9/5/2017).

Kajian itu, misalnya melibatkan Kementerian Hukum dan HAM, Jaksa Agung, Mahakamah Agung, Kementerian Dalam Negeri, MUI, Muhammadiyah dan NU, serta Komnas HAM.

“Hasil kajian yang komprehensif inilah yang dapat dijadikan pertimbangan pemerintah dalam mengambil keputusan untuk membubarkan sebuah organisasi melalui permohonan kepada pengadilan negeri sehingga terhindar dari tuduhan represif kepada pemerintah,” pungkas Ikhsan.

Dia menyayangkan sikap pemerintah membubarkan organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dengan dalih terindikasi kuat bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

“Ya, tentu sangat menyayangkan keputusan pemerintah ini. Karena Hizbut Tahrir sebagai ormas yang didirikan 25 tahun lalu dan sah keberadaannya sesuai UU Ormas,” ujarnya.

Check Also

MUI: Disertasi Seks di Luar Nikah Halal Menyesatkan

JAKARTA – Disertasi Abdul Aziz mahasiswa S3 Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menuai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.