Breaking News
Home / Warta / Mancanegara / Pelaku Penabrakan di Parlemen Inggris Dituduh Aksi Teroris
Foto: Mobil berwarna perak ini menabrak pejalan kaki dan pengendara sepeda sebelum menabrak pagar pengaman gedung Parlemen Inggris di London. (Reuters/Henry Nicholls)

Pelaku Penabrakan di Parlemen Inggris Dituduh Aksi Teroris

LONDON,Waspada.co.id – Seorang pria dengan sengaja menabrakan mobil ke arah pejalan kaki dan pengendara sepeda sebelum menabrak penghalang jalan di parlemen Inggris dalam aksi yang tampaknya merupakan serangan teroris kedua ke gedung parlemen negara ini dalam 18 bulan.

Polisi mengatakan pengemudi kendaraan itu, seorang pria berusia 20 tahun, ditangkap oleh petugas yang berjaga di lokasi sesaat setelah mobilnya menabrak pagar pengaman gedung Parlemen Inggris pada Selasa (14/8).

Kepala polisi kontra-terorisme Inggris mengatakan tersangka menolak bekerja sama dengan para detektif.

“Berdasarkan fakta itu tampaknya ini merupakan aksi sengaja. Metode yang digunakan, sasaran yang terkenal. Untuk itu kami memperlakukan insiden ini sebagai aksi terorisme,” kata Asisten Komisaris Polisi London Neil Basu pada wartawan.

BBC yang mengutip sumber mengatakan bahwa tersangka berasal dari kota Birmingham dan meski tidak masuk dalam pengawasan MI5, badan intel dalam negeri Inggris, dia sudah pernah berurusan dengan polisi.

“Di tahap penyelidikan saat ini, tidak ada tersangka lain di tempat kejadian perkara yang diidentifikasi atau dilaporkan ke polisi,” kat Basu. “Tidak ada laporan intelijen terkait ancaman lanjutan terhadap warga London dan juga warga Inggris yang terkait dengan insiden ini.”

Polisi megnatakan satu mobil Ford Fiesta berwarna perak menabrak sekelompok pengendara sepeda dan pejalan kaki di jam sibuk pagi hari sebelum menabrak pagar pengaman di depan Gedung Parlemen pada pukul 06.37 GMT.

Rekaman kamera memperlihatkan kendaraan itu salah mengambil jalan sebelum tancap gas menyebrang ke sisi berlawanan dan ke arah jalur keamanan gedung parlemen sebelum menabrak pagar pengaman.

Dua polisi tampak bergerak menghindari mobil itu. Basu mengatakan tersangka ditangkap dengan tuduhan pelanggaran terorisme dan tidak ada senjata yang ditemukan.

Dua orang dibawa ke rumah sakit dan satu perempuan masih dirawat karena luka serius yang tidak membahayakan nyawanya. Polisi segera mendatangi lokasi dan menutup sebagian besar lokasi di sekeliling gedung parlemen yang terletak di pusat kota London dan merupakan daerah wisata yang ramai dikunjungi turis.

Ini merupakan serangan kedua ke Gedung Parlemen setelah pada Maret 2017, Khalid Masood menewaskan empat orang di Jembatan Westminster yang terletak dekat Gedung Parlemen. Dia kemudian menusuk seorang polisi di halaman gedung parlemen sebelum ditembak mati. (wol, cnn/data1)

Check Also

Pakar Keamanan Siber WikiLeaks Hilang Misterius

BODO, Waspada.co.id – Arjen Khamphuis, ahli keamanan siber untuk Julian Assange sang pendiri WikiLeaks, hilang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: