Breaking News
Home / Warta / Politik / Pejabat Aktif TNI-Polri Maju Pilgub, Parpol Disebut Gagal
WOL Photo/Ilustrasi

Pejabat Aktif TNI-Polri Maju Pilgub, Parpol Disebut Gagal

JAKARTA, WOL – Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Kaka Suminta menilai masuknya beberapa nama perwira tinggi TNI/ Polri pada Pilkada Serentak 2018 adalah bentuk kegagalan partai poltik (Parpol) dalam pengkaderan terhadap anggotanya.

Pemberian kesempatan kepada perwira tinggi TNI/Polri dalam politik dinilai akan berdampak buruk secara jangka panjang.

“KIPP melihat dengan adanya kegagalan pengkaderan oleh parpol, setelah 20 tahun reformasi, parpol tidak dapat melakukan pengkaderan dengan baik. Kegagalan parpol sangat jelas menarik perwira yang masih aktif menjadi calon kepala daerah,” kata Kaka, Kamis (28/12) malam.

Kaka menyebutkan baik polisi dan TNI seharusnya fokus terhadap tugas menjaga keamanan dan pertahanan negara. Jika hal tersebut dibiarkan mereka masuk kedalam ranah politik, maka para perwira tinggi dikhawatirkan mendorong afliasi atau pertalian politik tertentu kepada anggota TNI dan Polri lainnya.

“Jadi TNI dan Polri bersenjata, maka seharusnya jangan menarik pihak-pihak yang bersenjata ke ranah politik. Karena jika mereka terlalu aktif di politik akan berdampak ketidaknetralan institusi TNI/ Polri,” ucapnya. (inilah/ags/data1)

Check Also

KPU Akan Umumkan Caleg Eks Terpidana Korupsi Melalui Website

JAKARTA, Waspada.co.id – KPU akan mengumumkan 40 nama calon anggota legislatif yang merupakan mantan narapidana ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: