Home / Warta / Mancanegara / Paus Dituduh Tutupi Kasus Pelecehan Seksual, Vatikan Siapkan Tanggapan
Foto: Paus Fransiskus (kiri) berbincang dengan Kardinal Theodore McCarrick - yang dituduh terlibat dalam dugaan pelecehan seksual (foto dok. AP).

Paus Dituduh Tutupi Kasus Pelecehan Seksual, Vatikan Siapkan Tanggapan

VATIKAN,Waspada.co.id – Para penasihat Paus Fransiskus mengatakan Vatikan sedang mempersiapkan tanggapan terhadap tuduhan-tuduhan bahwa paus telah menutupi perilaku seksual yang tidak semestinya yang dilakukan seorang kardinal Amerika.

Dalam pernyataan hari Senin (10/9), sembilan kardinal yang menjadi penasihat paus mengatakan Vatikan sedang mempersiapkan “klarifikasi” tentang tuduhan-tuduhan tersebut. Mereka juga menyatakan “solidaritas total pada paus atas peristiwa-peristiwa yang terjadi beberapa minggu terakhir ini.”

Pernyataan itu disampaikan pada penghujung hari pertama pertemuan tiga hari di Vatikan antara Paus Fransiskus dan kelompok yang beranggotakan sembilan kardinal dari seluruh belahan dunia, yang bertemu beberapa kali dalam satu tahun untuk memberi masukan pada paus tentang urusan-urusan gereja.

Baca: Dituduh Tutupi Kasus Pelecehan Seks, PAUS Diminta Mundur

Ini merupakan tanggapan langsung pertama oleh Vatikan terhadap tuduhan Uskup Agung Italia Carlo Maria Vigano bulan lalu, yang menuding paus – bersama dengan dua puluh pejabat lain pada saat ini dan sebelumnya – mengetahui tentang dugaan pelecehan seksual oleh mantan kardinal Theodore McCarrick, dan menutupinya.

Beberapa jam setelah Vigano menyampaikan tuduhannya, Paus Fransiskus – lewat sepucuk surat – sebagaimana dilaporkan oleh media konservatif, mengatakan kepada wartawan bahwa ia “tidak akan mengatakan sepatah kata pun” tentang hal ini dan mengatakan surat Vigano “sudah cukup jelas.”(voa/data1)

Check Also

PAUS Sebut Pelecehan Seks oleh Pastor Kejahatan Menjijikkan

DUBLIN, Waspada.co.id – Paus Fransiskus menyebut skandal pelecehan seks yang melibatkan para pastor sebagai kejahatan yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: