_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Pasokan Bawang Putih Siap Penuhi Kebutuhan Sumut
(foto: ist)

Pasokan Bawang Putih Siap Penuhi Kebutuhan Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Membantu menstabilkan harga jual komoditas di Bulan Ramadhan, Kementerian Perdagangan memastikan bawang putih impor akan segera masuk ke Sumatera Utara untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang meningkat.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perlindungan Konsumen dan Tertib Noaga (PKTN) Kementerian Perdagangan, Veri Anggrijono, mengatakan bahwa bawang putih ditargetkan bisa masuk ke Sumut dalam sepekan.

“Kemendag sudah memberikan izin impor kepada 10 perusahaan dengan total 115.000 ton sejak pekan lalu dan diharapkan bisa segera direalisasikan pengusaha,” tuturnya, Senin (30/4).

Memang izin impor agak telat karena menunggu rekomendasi dari Kementerian Pertanian.

“Untuk beberapa alokasi bawang putih tergantung kebutuhan Sumut. Hasil pantauan, harga bawang putih sudah naik di kisaran Rp50.000 – Rp57.000 per kg di pasar tradisional. Bahkan ada Rp74.000 per kg di pasar modern seperti Trans Mart, Medan Fair dengan alasan kualitas bagus,” katanya.

Dengan adanya pasokan bawang putih impor yang “membanjiri” pasar diharapkan harga komoditas itu bisa stabil di kisaran Rp30.000 per kg.

“Harga jual bahan pokok harus mengikuti HET (harga eceran tertinggi) yang sudah ditetapkan pemerintah,” tandasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

2019 Triwulan I Ekonomi Sumut Capai 5,30 Persen

MEDAN, Waspada.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) Wilayah I Sumatera Utara mencatat perekonomian Sumatera Utara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: